PEMBATASAN PENGGUNAAN GADGET PADA ANAK/SISWA PENDIDIKAN DASAR (PENDIDIKAN 9 TAHUN)
Abstract
ABSTRAK
Kemajuan zaman di bidang ilmu teknologi pada abad ke 21 ini semakin
berkembang pesat. Berbagai macam penemuan dengan tujuan
mempermudah ruang gerak dan ruang lingkup manusia diciptakan satu
persatu setiap tahunnya. Ini membuktikan bahwa daya pikir masyarakat
dan juga pola perilaku manusia semakin maju dan berkembang dengan
pesat. Peningkatan penemuan menjadi lebih cangih ini tentu memang tidak
lepas dari para penemu-penemu sebelumnya.
Penemuan telepon menjadi sangat menakjubkan pada saat itu, bagaimana
tidak, seseorang dapat terhubung dengan orang lain tanpa harus saling
berinteraksi bertatap muka satu sama lain. Penyempurnaan telepon ini
semakin menjadi-jadi di abad yang sekarang serba modern ini. Dimulai
dari munculnya telepon koin, telepon genggam (HP), hingga saat sekarang
ini orang-orang lebih akrap mengenalnya dengan istilah smartphone atau
gadget. Namun penggunaan gadget secara continue akan berdampak buruk bagi pola perilaku anak dalam kesehariannya, anak-anak yang cenderung terus- menerus menggunakan gadget akan sangat tergantung dan menjadi
kegiatan yang harus dan rutin dilakukan oleh anak dalam aktifitas sehari-
hari, tidak dipungkiri saat ini anak lebih sering bermain gadget dari pada
belajar dan berinteraksi dengan lingkungan sekitarnya, Hal ini
mengkhawatirkan, sebab pada masa anak-anak mereka masih tidak stabil,
memiliki rasa keingin tahuan yang sangat tinggi, dan berpengaruh pada
meningkatnya sifat konsumtif pada anak-anak untuk itu penggunaan gadget
pada anak-anak perlu mendapatkan perhatian khusus bagi orang tua.
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)DOI: https://doi.org/10.37849/mipi.v1i2.99
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Ida Mustikawati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.