PENINGKATAN PROFESIONALISME GURU SD DALAM UPSCALING KEMAMPUAN LITERASI NUMERASI SISWA
DOI:
https://doi.org/10.37849/mipi.v7i2.422Keywords:
Literasi, Numerasi, Guru SDAbstract
Kemampuan’ literasi’ numerasi’ adalah kemampuan’ yang harus’ dimiliki’ siswai dalam kurikulum merdeka belajar. Meningkatkan kemampuan siswa sangat bergantung pada bagaimana guru mengatur pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan siswa. Tujuan PKM ini adalah untuk meningkatkan profesionalisme guru SD dan meningkatkan kemampuan literasi numerasi melalui metode pelatihan dan penyuluhan, pengabdian ini ditujukan kepada guru SD di Lembang Randanan. Guru dibantu oleh fasilitator dan materi tentang langkah-langkah untuk meningkatkan kemampuan literasi numerasi siswa. Hasil dari pengabdian berupa hasil dari quesioner yang diisi oleh guru dan siswa. Hasil dari pengabdian ini menunjukkan bahwa para guru memperoleh pemahaman baru tentang pembelajaran berbasis literasi numerasi.References
Alfariji, A. P., Sudiana, R., & Khaerunnisa, E. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Knisley Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis ditinjau dari Literasi Numerasi pada Siswa SMP. Wilangan: Jurnal Inovasi dan Riset Pendidikan Matematika, 3(3), 243-256.
Ayuningtyas, N., & Sukriyah, D. (2020). Analisis pengetahuan Literasi Numerasi mahasiswa matematika calon guru. Matematika Dan Pendidikan Matematika, 9(02), 237—247..
Aziz, S. A., & Septriyanti, Y. (2023). Korelasi Antara Literasi Bahasa Indonesia Dan Literasi Literasi Numerasi Matematika Siswa dalam Menyelesaikan Soal Matematika. Lattice Journal : Journal of Mathematics Education and Applied, 3(1), 14. https://doi.org/10.30983/lattice.v3i1.6324
Azmy, I., & Azmy, I. (2024). Analisis Literasi Numerasi Matematis Siswa SMP. ANARGYA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 7(2), 154-161. doi:10.24176/anargya.v7i2.13418
Dayang, S., Izhar, S., & Hidayah, R. Al. (2013). Analisis Penerapan Literasi Membaca Pada Pembelajaran Sosiologi di SMAN 1 Pulau Maya. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689—1699
Ekowati, D. W., & Suwandayani, B. I. (2018). Literasi numerasi untuk sekolah dasar (Vol. 1). UMMPress.
Ekowati, D. W., Astuti, Y. P., Utami, I. W. P., Mukhlishina, I., & Suwandayani, B. I. (2019). Literasi Literasi Numerasi di SD Muhammadiyah. ELSE (Elementary School Education Journal) : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 3(1), 93.
Fiangga, S., M. Amin, S., Khabibah, S., Ekawati, R., & Rinda Prihartiwi, N. (2019). Penulisan Soal Literasi Literasi Numerasi bagi Guru SD di Kabupaten Ponorogo. Jurnal Anugerah, 1(1),9—18
Hadi, S., & Zaidah, A. . (2022). Peningkatan Kompetensi Profesionalisme Guru SD Dalam Pengembangan Desain Skenario Pembelajaran Berbasis Literasi Numerasi. Tut Wuri Handayani : Jurnal Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 2(4), 141—143. https://doi.org/10.59086/jkip.v2i4.137
Haryani, S., Pratiwi, D., & Wardani, S. (2023). Analisis kemampuan literasi Dan numerasi ditinjau Dari soal akm berorientasi konteks saintifik Dan sosial budaya pada materi kesetimbangan asam Dan Basa. EDUSAINS, 15(2), 136-149. doi:10.15408/es.v15i2.34086
Mahmud, M. R., & Pratiwi, I. M. (2019). Literasi Literasi Numerasi Siswa Dalam Pemecahan Masalah Tidak Terstruktur. KALAMATIKA Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 69—88.
Mustamin, A. N. (2024). Analisis Praktik Pembelajaran Lierasi Dan Numerasi Di upt spf sd Negeri Mattoangin 1 Kota Makassar. TSAQOFAH, 4(5), 3472-3477. doi:10.58578/tsaqofah.v4i5.3338
Nicomse, N., & Naibaho, T. (2022). Penguatan literasi Dan Literasi Numerasi untuk mendukung profil pelajar pancasila sebagai inovasi pembelajaran matematika. Sepren. https://doi.org/10.36655/sepren.v4i0.841
Suswandari, M. (2018). Membangun budaya literasi bagi suplemen pendidikan di indonesia. Jurnal Dikdas Bantara, 1(1), 20—32. Tyas, F., & Pangesti, P. (2018). Menumbuhkembangkan Literasi Literasi Numerasi Pada Pembelajaran Matematika Dengan Soal Hots. Indonesian Digital Journal of Mathematics and Education, 5, 566—575
Ustitia, V., & Juniarso, T. (2020). Literasi Matematika Mahasiswa Dengan Gaya Belajar Visual. Malih Peddas (Majalah Ilmiah Pendidikan Dasar), 9(2), 100—109.