PENGEMBANGAN POTENSI DAN BAKAT ANAK MELALUI PENDEKATAN MONTESSORI

Asmuni Asmuni

Abstract


ABSTRAK

 

 

Setiap orang bahkan para ahli pendidikan memiliki cara pandang yang berbeda tentang hakekat anak, seperti yang di ungkapkan oleh aliran behavioristik, bahwa anak tidak memiliki potensi apa-apa dari sejak lahir, mereka seperti kertas  putih yang masih kosong dan mereka dapat dibentuk sesuai dengan apa yang kita  inginkan yang terkenal dengan konsep Tabula rasa, sedangkan aliran konstruktivis  mengungkapkan bahwa anak bersifat aktif dan memiliki kemampuan untuk  membangun pengetahuannya. Tentunya dari beberapa pandangan yang telah  diuraikan, hal ini yang melandasi seseorang dalam memberikan pendidikan dan  pembelajaran kepada anak. Mencermati perkembangan anak dan  perlunya pembelajaran pada anak usia dini, tampaklah bahwa ada dua hal yang perlu diperhatikan pada pendidikan anak usia dini, yakni: 1) materi pendidikan, dan 2) metode pendidikan yang dipakai. Secara singkat dapat dikatakan bahwa materi maupun metodologi pendidikan yang dipakai dalam rangka pendidikan anak usia dini harus benar-benar memperhatikan tingkat perkembangan mereka. Memperhatikan tingkat perkembangan berarti pula mempertimbangkan tugas perkembangan mereka, karena setiap periode perkembangan juga mengemban tugas perkembangan tertentu.

Kata kunci : Anak, Perkembangan, Pendidikan.



DOI: https://doi.org/10.37849/mipi.v1i2.101

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Asmuni Asmuni

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats

 

Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi (STIA) Pembangunan Jember

Jln. Lumba-lumba No. 9 Kelurahan Sempusari, Kecamatan Kaliwates, Kabupaten Jember Kode Pos 68135