Optimalisasi Peningkatan Pemasaran Produk Melalui Web Pada Pengrajin Tas Kulit Di Desa Cangkring, Kecamatan Jenggawah

Andrias Dwimahendrawan, Denis Irawan, Arni Hanan

Abstract


Pemasaran adalah salah satu kegiatan pokok yang perlu dilakukan oleh perusahaan baik itu perusahaan barang atau jasa dalam upaya untuk mempertahankan kelangsungan hidup usahanya. Hal tersebut disebabkan karena pemasaran merupakan salah satu kegiatan perusahaan, di mana secara langsung berhubungan dengan konsumen.Maka kegiatan pemasaran dapat diartikan sebagai kegiatan manusia yang berlangsung dalam kaitannya dengan pasar. Pemasaran online merupakan metode mengintegrasikan media baru (new media) pada penerapan strategi pemasaran. Sosial media yang menjadi produk dari media baru menjadi perangkat pemasaran yang adaptif dalam mengkampanyekan suatu produk.

Pelaksanaan kegiatan pengabdian dilaksanakan di UMKM “H&U Leather” milik Ibu Habibah yang berada di Desa Cangkring, Kecamatan Jenggawah, dengan dibantu dengan 2 (dua) mahasiswa dari program studi ilmu administrasi niaga dan dan dilaksanakan selama 1 (satu) bulan mulai bulan Juli sampai dengan bulan Agustus. Tahapan dalam kegiatan ini ada 3 (tiga) tahap, yaitu: tahap sosialisasi, tahap pelatihan, dan tahap monitoring/evaluasi tentang pemasaran produk melalui web dengan cara membuatkan akun di media sosial sebagai sarana menjual dan memperkenalkan produk UMKM "H&U Leather”. Tujuan dari kegiatan pengabdian ini adalah untuk membantu dan meningkatkan pengetahuan pemilik UMKM “H&U Leather” pentingnya pemasaran online melaui media sosial untuk meningkatkan penjualan produk.

Hasil kegiatan pengabdian pada UMKM “H&U Leather” milik Ibu Habibah setelah melakukan pemasaran lewat media online selama 1(satu) bulan pendampingan dari kegiatan pengabdian ini dapat dilihat hasil pemesanan produk tas kulit sudah mulai meningkat dan akun media online “H&U Leather” secara bertahap mulai dikunjungi oleh pecinta produk tas kulit karena pemilik sudah bisa memajang hasil produksinya pada laman akun media sosial yang dimiliki, seperti: Facebook, Tiktok, Instagram.


Keywords


Pemasaran, UMKM, Sosial Media

References


Aditya, S., & Rahmi, E. D. (2017). Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM), di Kelurahan Malaka Sari, Duren Sawit. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Madani, 1 - 17.

Anggraini, R. N. (2019). Pengaruh Celebrity Endorser dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Shampo Sunsilk Hijab Recharge. In Jurnal Administrasi Bisnis (Vol. 8, Issue 1). https://doi.org/10.35797/jab.8.1.2019.23499.44-54.

Effendy, Mochtar Luthfi, Maheni ka Sari, and Haris Hermawan. 2021. “Pengaruh Strategi Promosi Melalui Media Sosial, Kualitas Pelayanan, Dan Word of Mouth Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Warung Kopi Cak Kebo.” eJournal Ekonomi Bisnis dan Akuntansi 8(2): 107–16.

Fandy Tjiptono, dan Gregorius Chandra. 2011. Service, Quality and Satisfaction (ed 3). Yogyakarta. Andi.

Gajali, Jamaludin AL, M. Hufron, and Fahrurrozi Rahman. 2020. “Analisis Pengaruh Bauran Pemasaran (7P) Terhadap Keputusan Pembelian Pada Rumah Makan Nasi Bakar Bilmar Adam (Studi Pada Konsumen Nasi Bakar Bilmar Adam Di Kecamatan Kumai Provinsi Kalimantan Tengah) Oleh:” Jurnal lmiah Riset Manajemen 9(18).

Griffin, R. W., & Ebert, R. J. (2006). Bisnis. Jakarta: Erlangga.

Kotler, Philip dan Kevin L. Keller. 2009. Manajemen Pemasaran terj: Bob Sabran. Edisi 13 Jilid 1 dan 2. Erlangga:Jakarta.

Kotler dan Keller, (2012).Marketing Management Edisi 14. Global Edition.Pearson Prentice Hall.

Levens, M. 2010. Marketing: Defined, Explained, Applied. Hall Pearson Education International.

Nickels, W. G., McHugh, J. M., & McHugh, S. M. (1997). Understanding Business. USA: McGraw Hill Comp. Inc.




DOI: https://doi.org/10.37849/mipi.v5i2.316

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Andrias Dwimahendrawan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats

 

Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi (STIA) Pembangunan Jember

Jln. Lumba-lumba No. 9 Kelurahan Sempusari, Kecamatan Kaliwates, Kabupaten Jember Kode Pos 68135