Penerapan Personal Selling Pada Strategi Pemasaran CV Surya Gemilang Motor (Cabang Wuluhan Kabupaten Jember)

Sampir Andrean Sukoco, Muhammad Cindika Putra Emas Gustiawan

Abstract


Personal selling merupakan presentasi pribadi oleh seorang sales dengan tujuan melakukan penjualan dan meningkatkan hubungan yang baik dengan para konsumen, baik itu konsumen yang sudah lama maupun konsumen yang masih baru. Sales melakukan komunikasi langsung kepada konsumen dengan menawarkan produknya. Penelitian ini membahas tentang penerapan personal selling yang dilakukan oleh CV Surya Gemilang Motor Cabang Wuluhan dalam menawarkan produk motor honda yang dijual.

Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif studi kasus dengan cara mendeskripsikan apa yang dilakukan oleh CV Surya Gemilang Motor Cabang Wuluhan dalam menerapkan personal selling. Teknik penentuan informan menggunakan metode purposive, informan untuk penelitian ini berjumlah 3 orang yang dipilih peneliti karena memiliki kompetensi dibidangnya. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Metode analisis data dilakukan dengan tiga cara yaitu Data Condensation, Data Display, dan Conclusion Drawing atau Verifications.

Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa CV Surya Gemilang Motor Cabang Wuluhan menerapkan personal selling pada strategi pemasarannya. Tahap-tahap yang dilakukan adalah memilih dan menilai prospek dengan cara kanvas, melakukan pra pendekatan kepada prospek terlebih dahulu, setelah itu melakukan pendekatan, melaksanakan presentasi/demontrasi kepada prospek tentang keunggulan motor honda, handling objection, melakuan sales closing ketika sudah presentasi/demontrasi, dan juga yang terakhir melakukan follow up kepada prospek.

Keywords


Personal Selling, Strategi Pemasaran



DOI: https://doi.org/10.37849/midi.v19i2.173

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Majalah Ilmiah Dian Ilmu

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View My Stats

 

Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi (STIA) Pembangunan Jember

Jln. Lumba-lumba No. 9 Kelurahan Sempusari, Kecamatan Kaliwates, Kabupaten Jember Kode Pos 68135