Peran Positioning Dalam Memediasi Pengaruh Keunggulan Bersaing Terhadap Kinerja Koperasi Di Kecamatan Ambulu, Wuluhan Dan Balung

Elma Fitri Utari, Nungky Viana Feranita, Sampir Andrean Sukoco

Abstract


Penelitian ini berfokus pada pengaruh keunggulan bersaing terhadap kinerja organisasi secara langsung maupun tidak langsung dengan  positioning sebagai variabel mediasi. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan explanantory. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh koperasi yang masih aktif di Kecamatan Ambulu, Wuluhan dan Balung yang terdaftar di Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Jember sebesar 30 unit. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik sampling jenuh atau teknik sensus. Analisis statistik deskriptif dalam penelitian ini mencakup deskripsi umum responden dan deskripsi variabel penelitian. Analisis statistik inferensial penelitian ini adalah analisis jalur (path Analiysis) dengan menggunakan  IBM SPSS 22.

Secara keseluruhan, empat hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini terdapat tiga hipotesis yang diterima dan satu hipotesis yang ditolak. Hasil pengujian hipotesis menujukkan bahwa terdapat satu jalur yang berpengaruh tetapi tidak signifikan yaitu keunggulan bersaing terhadap positioning, satu jalur yang tidak berpengaruh dan tidak signifikan yaitu positioning terhadap kinerja organisasi, dan satu jalur yang berpengaruh dan signifikan, yaitu keunggulan bersaing terhadap kinerja organisasi. Hasil pengujian hipotesis pengaruh tidak langsung menunjukkan bahwa terdapat satu jalur tidak langsung yang berpengaruh signifikan, yaitu keunggulan bersaing terhadap kinerja organisasi melalui positioning.

Keywords


Keunggulan Bersaing, Positioing, Kinerja Organisasi, Koperasi



DOI: https://doi.org/10.37849/midi.v19i1.166

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Majalah Ilmiah Dian Ilmu

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View My Stats

 

Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi (STIA) Pembangunan Jember

Jln. Lumba-lumba No. 9 Kelurahan Sempusari, Kecamatan Kaliwates, Kabupaten Jember Kode Pos 68135