Analisis Implementasi Program Pendidikan Gratis Di Madrasah Ibtidaiyah Darul Ibad Ajung Jember

Ida Mustikawati, Miftahul Jannah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi pendidikan gratis. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif, dengan studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dokumentasi.. Analisis data dilakukan secara kualitatif.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pendidikan gratis di MI Darul Ibad sesuai dengan Peraturan Bupati Jember Nomor 65 Tahun 2016 tentang Pedoman Penyelenggaraan Pendidikan Gratis di Kabupaten Jember telah terlaksana dengan baik. Hal ini terbukti dengan pemenuhan yang menjadi indikator kebijakan pendidikan gratis terdiri dari Ukuran dan Tujuan Kebijakan, Sumber-sumber kebijakan, Komunikasi antar Organisasi dan Kegiatan-Kegiatan Pelaksanaan, Karakteristik Badan-Badan Pelaksana, Kondisi-kondisi Ekonomi, Sosial, dan Politik. Kecenderungan Pelaksana (Implementator).

 Meskipun demikian masih ditemui dua indikator  Kebijakan pendidikan gratis belum terimplementasi dengan baik, yaitu: (1) penyaluran dana tidak dilakukan sesuai dengan petunjuk teknis PPG dan mengalami keterlambatan pencairan dana; dan (2) kurangnya pemahaman masyarakat atau orang tua yang banyak beranggapan bahwa dana pendidikan gratis seluruhnya di tanggung pemerintah.

Keywords


Implementasi, Program Pendidikan Gratis



DOI: https://doi.org/10.37849/midi.v19i1.165

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Majalah Ilmiah Dian Ilmu

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View My Stats

 

Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi (STIA) Pembangunan Jember

Jln. Lumba-lumba No. 9 Kelurahan Sempusari, Kecamatan Kaliwates, Kabupaten Jember Kode Pos 68135