Pengaruh Keragaman Produk dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Konsumen di Toko Pertanian Barokah Desa Jenggawah Kecamatan Jenggawah

Neni Dwi Yulianita, Siti Husnul Hotima

Abstract


Penelitian ini dilakukan terkait Pengaruh Keragaman Produk dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Konsumen di Toko Pertanian Barokah Desa Jenggawah Kecamatan Jenggawah. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui apakah Keragaman Produk dan Kualitas Pelayanan berpengaruh terhadap Loyalitas Konsumen pada Toko Pertanian Barokah. Data penelitian ini menggunakan dua data yaitu data primer dan data sekunder. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif  menggunakan pendekatan explanatory research. Teknik analisa data pada penelitian ini menggunakan dua analisa, pertama analisa statistik deskriptif yaitu analisa validitas dan reliabilitas serta uji asumsi klasik, kedua  analisa statistik inferensial yaitu koefisien determinasi, koefisien regresi linier berganda, dan uji hipotesa. Hasil dari penelitian ini terdapat pengaruh baik secara simultan maupun secara parsial keragaman produk dan kualitas pelayanan terhadap loyalitas konsumen pada Toko Pertanian Barokah. Dimana secara simultan nilai dari Fhitung sebesar 10,907 dimana nilai Fhitung > 3,13 Ftabel. Sedangkan secara parsial nilai thitung variabel keragaman produk 2,015 > t tabel 1,994 dan untuk variabel kualitas pelayanan diketahui nilai thitung 2,408 > ttabel 1,994.


Keywords


Keragaman Produk, Kualitas Pelayanan, Loyalitas Konsumen.

References


Benson. 2007. From Business Strategy to IT Action, Right Decisions for a Bottom Line. New Jersey: Jhon Wiley and Sons, Inc.

Griffin, Jill. 2003. Customer Loyalty. Jakarta: Erlangga.

Khoiriah, Siti. 2017. “Pengaruh Keragaman Produk Dan Pelayanan Terhadap Loyalitas Konsumen Pada ‘Barokah Mini Market Gunung Terang Di Kabupaten Oku Timur.’” Jurnal AKTUAL 15(1): 10.

Kotler, Philip, and Kevin Lane Keller. 2009. Manajemen Pemasaran. jilid 1-2. Jakarta: Erlangga.

Lindawati, Lindawati, Syahlan A. Sume, and Leny Muniroh. 2020. “Pengaruh Keragaman Produk Dan Pelayanan Terhadap Loyalitas Konsumen Toko Makaroni Ngehe.” Manager : Jurnal Ilmu manajemen 3(1): 11.

Mandei, Jissi Majesti Vanda, James D.D Massie, and Djurwati Soepono. 2020. “Pengaruh Suasana Kafe, Kualitas Pelayanan Dan Keanekaragaman Produk Terhadap Loyalitas Konsumen Di Brownice Beverage and Pastry.” Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi 8(4): 361–69.

Shinta, Agustina. 2011. Manajemen Pemasaran. Pertama. eds. Ali Manshur and Salman Al Farisi. MALANG: Universitas Brawijaya Press (UB Press).

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Dua belas. Bandung: ALFABETA.

Tjiptono, Fandy, and Gregorius Chandra. 2016. Service Quality Dan Satisfaction. Keempat. Yogyakarta: CV ANDI OFFSET.

Utami, Christina Whidya. 2018. Manajemen Ritel Strategi Dan Implementasi Operasional Bisnis Ritel Modern Di Indonesia. Kedua. ed. Tim Editor Salemba Empat. Jakarta: Salemba Empat.




DOI: https://doi.org/10.37849/mici.v4i2.327

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Neni Dwi Yulianita, Siti Husnul Hotima

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View My Stats

 

Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi (STIA) Pembangunan Jember

Jln. Lumba-lumba No. 9 Kelurahan Sempusari, Kecamatan Kaliwates, Kabupaten Jember Kode Pos 68135