PENGARUH ATRIBUT PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PADA PRODUK TEMPE ASRI RAHMAT DI PASAR KECAMATAN PANTI

Ikrima Naskuri Nabilla, Nungky Viana Feranita

Abstract


Faktor penentu keputusan pembelian diantaranya adalah merek, kualitas produk dan kemasan.  Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah atribut produk berpengaruh terhadap keputusan pembelian baik secara simultan maupun parsial. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis pengaruh atribut produk terhadap keputusan pembelian konsumen pada produk tempe asri rahmat di pasar Kecamatan Panti, secara simultan dan parsial. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan explanatory (sebab akibat). Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen Produk Tempe Asri Rahmat Di Pasar Kecamatan Panti Kabupaten Jember. Teknik penentuan sampel menggunakan Accidental Sampling. Sampel sebanyak 100 responden. Metode analisis adalah regresi linear berganda dengan software SPSS 22. Hasil penelitian menunjukkan merek, kualitas produk dan kemasan secara simultan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen. Merek dan kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian kosumen, namun kemasan berpengaruh tidak signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen.


Keywords


Merek, Kualitas Produk, Kemasan, Keputusan Pembelian.

References


Buku:

Ali Muhson. 2005. Diktat Mata Kuliah: Aplikasi Komputer. Pendidikan Ekonomi FISE UNY.

Alma, Buchari. 2009. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Cetakan kedelapan. Bandung: Alfabeta.

Anderson, Lorin W. et.al. 2010. Kerangka Landasan Untuk Pembelajaran, Pengajaran, dan Asesmen. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Arikunto, S. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta

Augusty, Ferdinand. 2006. Metode Penelitian Manajemen: Pedoman Penelitian untuk skripsi, Tesis dan Disertai Ilmu Manajemen. Semarang : Universitas Diponegoro

Garvin, D.A. 1994. Competing on the Eight Dimension of Quality. Harvard

Ghozali, Imam. 2006. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS.Edisi Ke 4). Semarang:Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Ghozali, Imam. 2007. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit UNDIP.

Gonzales. 2007. Cultur, Diseas and Healing Studies in Medical Anthropology.

New York : Millan Publishing, Co. INC.

Hart, Norman A dan Stapleton, John. 1995. Kamus Marketing, penerjemah Anthony Than, Agustinus Subekti, edisi pertama. Jakarta : Bumi Aksara

Hurlock, Elizabeth. 2000. Psikologi Perkembangan. Jakarta: Erlangga.

Ismarrahmini, U dan Brotoharsojo, H. 2005. Pengaruh Kepribadian dan Citra Merk Terhadap Loyalitas Merk. Psikologi Ekonomi dan Konsumen. Jakarta: PIO Fakultas Psikologi Universitas Indonesia.

Kartajaya, Hermawan. 2004. Hermawan Kartajaya on Brand. Bandung : Mizan Pustaka

Klimchuk, Marianne dan Krasovec, Sandra A, 2006. Desain Kemasan. Jakarta : Erlangga

Kotler, Philip dan Armstrong, Gary. 2004. Dasar-Dasar Pemasaran. Edisi kesembilan. Jilid 1. Jakarta: Indeks

Kotler, Philip dan Armstrong. 2008. Prinsip-Pronsip Pemasaran. Jilid 1. Edisi Kedelapan. Jakarta: Erlangga

Kotler, Philip dan Gary Armstrong. 2012. Prinsip-prinsip pemasaran. Edisi 13. Jilid 1. Jakarta: Erlangga

Kotler, Phillip and Keller, Kevin Lane. 2012. Marketing Management. Fourteenth Edition. New Jersey : Pearson International Edition

Lupiyoadi. 2001. Manajemen Pemasaran Jasa Teori dan Praktek. Jakarta : Salemba Empat

Mudra, Wayan . 2010. Desain Kemasan Produk . Pusat seni kreasi baru.: Denpasar. LP2M.

Pride, William M. dan Ferrell, O.C. 2010. Marketing. Fiftinth Edition. Canada : South Western International Edition.

Rao, Purba. (2006). Measuring Customer Perception Through Factor Analysis. The Asian Manager (Februari-March)

Rangkuti, Freddy. 2010. Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus isnis. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama

Rund, D. dan Rachmilewitz, E. 2005. Beta-thalassemia. N. Engl. J. Med. 15;353(11): 1135-1146.

Schiffman, Leon G. dan Kanuk, Lesli L. 2008. Perilaku Konsumen. Edisi 7. Jakarta: Indeks

Silalahi, Ulber. 2006. Metode Penelitian Sosial. Bandung : Unpar Press Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

. 2014. Statistika untuk Penelitin. Bandung: Alfabeta.

Stanton, William, J, dan Y, Lamarto. 1994. Prinsip-Prinsip Pemasaran. Jilid I. Jakarta : Erlangga

Sudjana. 2002. Metoda Statistika. Bandung : Tarsito

Sugiyono. 2006. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabet

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Suharso dan Yudi Sutarso. 2010. Marketing in Practice. Yogyakarta : Graha Ilmu

Sukmadinata, 2006. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung : Alfabeta

Swastha Basu & Handoko Hani, 2011. Manajemen Pemasaran-Analisis Perilaku onsumen. Yogyakarta : BPFE

Tjiptono, Fandy 2008. Strategi Pemasaran. Edisi tiga. Yogyakarta : CV. Andi Offset

Tjiptono, Fandy. 2010. Strategi Pemasaran. Edisi ketujuh. Yogyakarta : CV. Andi Offset

Wirya, Iwan. 1999. Kemasan yang Menjual. Jakarta : PT. Gramedia Pustaka Utama

Jurnal :

Aminati, D. 2016. Pengaruh Packaging Color, Packaging Material, Design Of Wrapper Dan Innovation Terhadap Keputusan Pembelian Pada Produk Air Mineral Indomaret. Jurnal Ilmu Manajemen. Volume 1, Nomor 5. Maret 2016.https://scholar.google.co.id/scholar?q=Aminati,+D.+2016.+Pengaruh+Packaging+Color,+Packaging+Material,&hl=id&as_sdt=0&as_vis=1&oi=scholart#d=gs_qabs&u=%23p%3Di8KPgcPKVZgJ. Diakses pada 06 Mei 2019 pukul 06.30 WIB.

Amrullah, A. R dan Agustin, S. 2016. Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Honda Beat. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen Online. Volume 5, Nomor 7. Januari 2015. (https://ejournal.stiesia.ac.id) Diakses pada 6 Juni 2019 pukul 22.10 WIB.

Bernard N.M dan Budiyono, 2004. “Studi Mengenai Pengembangan Strategi Produk (Studi Kasus Minat Beli Produk Baru TELKOM FLEXI di Surabay). Jurnal Sains Pemasaran Indonesi. Volume 3, Nomor 2. Desember 2004. https://ejournal.undip.ac.id/index.php/jspi/article/view/14200. Diakses Pada 06 Juni 2020 pukul 06.06 WIB.

Cendani, T. P. (2010). Pengaruh Marketing Mix 7P Terhadap Keputusan Pembelian Layanan Jasa Laundry Sepatu (Studi Pada Glow Shoes Care). Jurnal Manajemen Ekonomi Dan Bisnis. Volume 1, Nomor 15. Agustus 2010. http://eprints.dinus.ac.id/22709/3/jurnal_19605.pdf. Diakses pada tanggal 21 September 2019 pukul 21.15 WIB.

Ikbal, Angio, 2013. Pengaruh Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Motor Yamaha Mio Soul Di Kota Gorontalo. (Studi Kasus Pada Konsumen PT. Hasjart Abadi). Jurnal EMBA. Volume 1, Nomor 4, Desember 2013. https://repository.ung.ac.id/skripsi/show/931409005/pengaruh-brand-image-terhadap-keputusan-pembelian-motor-yamaha-mio-soul-di-kota-gorontalo.html. Diakses pada tanggal 26 April 2019 pukul 22.20 WIB.

Ismuputo, Rizal Maulana. 2020. Peran Citra Merek, Harga, dan Kemasan terhadap Keputusan Pembelian Air Minum Dalam Kemasan AQUA. Jurnal Ilmuu Manajemen. Volume 8, Nomor 3 Hal:1116-1123. https://journal.unesa.ac.id/index.php/jim/article/view/8843. Diakses Pada tanggal 27 Juli 2020 pukul 17.27 WIB.

Kertirasa, I. N dan Prawira, Bayu 2014. Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merk, Presepsi Harga terhadap Minat Beli Smartphone Samsung di kota Denpasar. Fakutas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana Bali. Jurnal Manajemen Ekonomi Dan Bisnis. Volume 4, Nomor 2. https://ojs.unud.ac.id/index.php/Manajemen/article/view/10019. Diakses pada tanggal 08 Agustus 2019 pukul 08.28 WIB.

Maryama, M. K. dan Rachmi, A. 2018. Pengaruh Kualitas Produk dan Kemasan terhadap Keputusan Pembelian Coklat di Coklatku Malang. JAB Jurnal Aplikasi Bisnis. Volume 4, Nomor 1, Juni 2018. http://repository.polinema.ac.id/428/2/1442620001_open_acces.pdf. Diakses pada tanggal 23 September 2019 pukul 20.05 WIB.

Maulana, Farhan. 2019.“ Pengaruh Kualitas Produk, Lokasi, dan Citra Merek Terhadap Proses Keputusan Pembelian Konsumen (Studi Kasus Produk PUYO), Jakarta: UIN Syarif Hidayatullah. Jurnal Manajemen Ekonomi Dan Bisnis. Volume 7, Nomor 2. http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/45478. Diakses pada,20 Juni 2019, jam 16.30 WIB.

Mudra, I.W. 2010. Desain Kemasan Produk. Pelatihan Pembuatan Kemasan Puslit Seni Kreasi Baru LP2M ISI Denpasar. Jurnal Manajemen Ekonomi Dan Bisnis. Volume 19, Nomor 23, April 2010. http://repo.isi-dps.ac.id/1077/1/Desain_Kemasan_Produk.pdf. Diakses pada tanggal 2 Oktober 2019 pukul 10.10 WIB.

Mulyadi, Gugun. 2015. Pengaruh Merk dan Kemasan terhadap Keputusan Pembelian Produk UMKM. Jurnal Ilmu Manajemen. Volume 2, Nomor 1. April 2015. file:///C:/Users/Hp/Downloads/1127-4446-1-PB.pdf. Diakses pada tanggal 2 Oktober 2019 pukul 10.30 WIB.

Musay, Fransisca Paramitasari. 2013. Pengaruh Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya. Jurnal Ilmuu Manajemen. Volume 7, Nomor 1. Januari 2013 http://administrasibisnis.studentjournal.ub.ac.id/index.php/jab/article/view/141. Diakses pada tanggal 14 September 2019 pukul 23.03 WIB.

Prananta, Mario, Widyawati, Nurul. 2013. Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian di Rumah Makan Bamara Surabaya. Jurnal Ilmu & Riset Manajemen. Volume 4, Nomor 15. April 2013. https://adoc.tips/pengaruh-bauran-pemasaran-terhadap-keputusan- pembelian-di-ru.html. Diakses pada tanggal 6 Oktober 2019 14.00 WIB.

Sagita, Fitria, Engla 2013. Pengaruh Brand Image dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Ulang Produk Kentucky Fried Chiken (KFC) di Cabang Bakso Grand Mall” (Studi Kasus Pada Mahasiswa Universitas Negeri Padang). Jurnal EMBA. Volume 2, Nomor 02. Juni 2013. https://adoc.pub/fitria-engla-sagita-fakultas-ekonomi-universitas-negeri-pada.html .Diakses pada tanggal 19 Februari 2020 pukul 13.17 WIB.

Setyanto, L. E, Arifin Zainul, dan Sunarti. 2017. Pengaruh Atribut Produk terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Administrasi Bisnis. Volume 46, Nomor 2, Mei 2017. https://media.neliti.com/media/publications/87927-ID-pengaruh-atribut- produk-terhadap-keputus.pdf. Diakses pada tanggal 8 November 2019 pukul 11.20

Sudrajad, A. B dan Andrian, D. R . 2015. Pengaruh Atribut Produk Terhadap Keputusan Konsumen Dalam Pembelian Produk Abon Jamur Tiram Di Perusahaan Ailanifood Kota Malang Jawa Timur. Jurnal Habitat. Volume 26, Nomor 2, Agustus 2015 https://habitat.ub.ac.id/index.php/habitat/article/view/177/221. Diakses pada tanggal 20 Oktober 2019 pukul 08.45 WIB.

Suwarni dan Mayasari. 2011. Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Loyalitas Melalui Kepuasan Konsumen. Jurnal Ekonomi Bisnis. Volume 16, Nomor 1. November 2011. http://fe.um.ac.id/wp-content/uploads/2009/10/10-Suwarni.pdf. Diakses pada tanggal 23 Maret 2020 WIB.

Yuliana, Imelda. 2016. Pengaruh Kualitas Layanan, Citra Merek, dan Lokasi terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen. Volume 5, Nomor 6. Hal 1-15. https://repository.stiesia.ac.id/id/eprint/3352/. Diakses pada tanggal 27 Oktober 2019 WIB.




DOI: https://doi.org/10.37849/mici.v4i1.284

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Ikrima Naskuri Nabilla, Nungky Viana Feranita

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View My Stats

 

Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi (STIA) Pembangunan Jember

Jln. Lumba-lumba No. 9 Kelurahan Sempusari, Kecamatan Kaliwates, Kabupaten Jember Kode Pos 68135