PENGUATAN KOMPETENSI CALON GURU DALAM PENDIDIKAN INKLUSI MELALUI PEMBELAJARAN MATEMATIKA YANG ADAPTIF DAN RESPONSIF

Authors

  • Indah Rahayu Panglipur Universitas PGRI Argopuro Jember
  • Hersiyati palayukan Universitas Kristen Indonesia Toraja
  • Diyah Ayu Rizki Pradita Universitas Ibrahimy Situbondo
  • Inelsi Palengka Universitas Kristen Indonesia Toraja

DOI:

https://doi.org/10.37849/mipi.v8i1.450

Keywords:

pendidikan inklusi, calon guru, pembelajaran matematika, adaptif, responsif

Abstract

Pendidikan inklusi menuntut kesiapan guru dalam menghadirkan pembelajaran yang adil dan akomodatif bagi seluruh siswa, termasuk siswa berkebutuhan khusus. Namun, banyak calon guru masih mengalami kesulitan dalam merancang pembelajaran matematika yang adaptif dan responsif terhadap keragaman karakteristik peserta didik. Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi calon guru dalam menerapkan prinsip pendidikan inklusi melalui pelatihan pembelajaran matematika berbasis praktik. Metode kegiatan meliputi penyampaian materi, diskusi, penyusunan RPP adaptif, serta simulasi mengajar berdasarkan studi kasus. Evaluasi dilakukan melalui pretest, posttest, observasi praktik, dan refleksi tertulis. Hasil kegiatan menunjukkan peningkatan signifikan pada pemahaman dan keterampilan peserta, dengan rata-rata skor posttest lebih tinggi dari pretest. Peserta juga menunjukkan antusiasme tinggi dan keterlibatan aktif selama pelatihan. Mereka mampu menyusun RPP yang sesuai dengan kebutuhan siswa berkebutuhan khusus dan melaksanakan simulasi pembelajaran dengan percaya diri. Kegiatan ini memberikan pengalaman nyata yang memperkuat kesiapan profesional calon guru untuk menghadapi kelas inklusif. Dengan demikian, pelatihan ini efektif dalam menjembatani kesenjangan antara teori inklusi dan praktik pembelajaran di lapangan.

References

Ainu Ningrum, N. (2022). Strategi Pembelajaran pada Anak Berkebutuhan Khusus dalam Pendidikan Inklusi. Indonesian Journal of Humanities and Social Sciences, 3(2), 181–196. https://doi.org/10.33367/ijhass.v3i2.3099

Anabanu, M. (2023). Pembelajaran Matematika Anak Berkebutuhan Khusus. Jurnal Syntax Transformation, 2(3), 354–369.

Fitriani, R., & Prahmana, R. C. I. (2021). Penelitian Implementasi Pembelajaran Matematika Bagi Anak Berkebutuhan Khusus Di Indonesia. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(3), 1293. https://doi.org/10.24127/ajpm.v10i3.3968

Hikmah, T. L., Yusuf, M., & Sianturi, R. S. (2021). Kriteria Pengembagan Kampus Ramah Disabilitas di Universitas Airlangga. Jurnal Teknik ITS, 9(2). https://doi.org/10.12962/j23373539.v9i2.55409

Lien, V. (2025). Decolonising Special Educational Needs and Disabilities (SEND): A Systems Theoretical Framework for Global Inclusivity. Systems Research and Behavioral Science, 42(2), 517–530. https://doi.org/10.1002/sres.3138

Mujiafiat, K. A., & Yoenanto, N. H. (2023). Kesiapan Guru dalam Pelaksanaan Pendidikan Inklusi. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 5(2), 1108–1116. https://doi.org/10.31004/edukatif.v5i2.4918

Ningsih, T. (2019). Peran Pendidikan Islam Dalam Membentuk Karakter Siswa Di Era Revolosi Industri 4.0 Di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Banyumas. INSANIA : Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 24(2), 220–231. https://doi.org/10.24090/insania.v24i2.3049

Nur, H. M., & Fatonah, N. (2022). Paradigma Kompetensi Guru. Jurnal PGSD UNIGA, 1(1), 12–16.

Panglipur, I. R. (2023). Analisis Gaya Belajar dan kemampuan Literasi Matematika Pada Tuna Rungu. Math-Edu: Jurnal Ilmu Pendidikan Matematika, 8(April), 37–46. https://doi.org/https://doi.org/10.32938/jipm.8.1.2023.24-36

Putri, A. D. I., Liany, L., & Mahmud, A. (2024). Pemenuhan Hak Pendidikan Penyandang Disabilitas Sekolah Dasar Negeri Bungur 01 Dan 03, Kelurahan Bungur, Kecamatan Senen Jakarta Pusat Ditinjau Dari Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2016 Tentang Penyandang Disabilitas. ADIL: Journal of Law, 15(2), 1–23.

Safi’i, M., Hani, S. U., Arsyad, M., Azwar, I., Listiani, H., Imanullah, A., & ... & Sahronih, S. (2023). Profesi Keguruan: Bagaimana Menjadi Guru yang Hebat. EDUPEDIA Publishe.

Utari, yuli P., Triyani, S., & Panglipur, I. R. (2023). IMPLEMENTATION OF GAME-BASED LEARNING METHODS ON MULTIPLE AND DIVISION COUNTING OPERATIONS IN CLASS VII SMP PLUS RAUDLATUL MUQORROBIN KALISAT. 1(22), 117–123.

Downloads

Published

2025-06-30