Pengembangan dan Inovasi Produk Kerupuk Petulo untuk Meningkatkan Daya Saing Usaha Mikro
DOI:
https://doi.org/10.37849/mipi.v7i1.400Keywords:
Pengembangan Produk, Inovasi Produk, Daya Saing, Usaha MikroAbstract
Pelaksanaan kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini ditujukan kepada usaha mikro kerupuk petulo milik ibu er di Dusun Darungan Desa Cangkring Kecamatan Jenggawah Kabupaten Jember. Usaha ini didirikan sejak tahun 2003 yang pada artinya sudah berjalan sekitar 20 tahun. Namun tidak ada label usaha dan kemasan produk hanya menggunakan kantong kresek. Pelaksanaan kegiatan dimulai bulan Oktober sampai dengan Desember 2023 di usaha mikro kerupuk petulo milik ibu istri atau lebih dikenal dengan Ibu Er. Kegiatan ini melibatkan 6 mahasiswa dari Program Studi Ilmu Administrasi Niaga. Metode kegiatan yang dilaksanakan yaitu pengembangan dan inovasi kemasan produk kerupuk petulo, pemberian lebel usaha. Tujuan kegiatan adalah guna meningkatkan daya saing usaha mikro kerupuk petulo milik Ibu Er. Hasil usaha ini adalah Ibu Er sudah mengetahui tentang pengembangan dan inovasi produk.References
Abdjul, dkk. (2018). Analisis Pengaruh Inovasi Produk, Kualitas Produk dan Citra Merek terhadap Keputusan
Assauri, S. (2015). Manajemen Pemasaran Dasar Konsep dan Strategi. Jakarta: Rajawali.
Doktersehat, R. (2019). 7 Manfaat Kerupuk yang Jarang Diketahui (Disertai Kandungan Gizi Kerupuk). 30 September 2022.
Elwisam, E., & Lestari, R. (2019). PENERAPAN STRATEGI PEMASARAN, INOVASI PRODUK KREATIF DAN ORIENTASI PASAR UNTUK MENINGKATKAN KINERJA PEMASARAN UMKM. Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT, 4(2), 277-286.
Kotler, Philip (2000). Prinsip — Prinsip Pemasaran Manajemen, Jakarta : Prenhalindo.
Pembelian Mobil Nissan Grand Livina pada PT.Wahana Wirawan Manado. Jurnal EMBA, Vol.6 No.4, Hal. 3553— 3562.
Sari, L. N. (2017). Pengaruh Profitabilitas, Leverage dan Corporate Social Responsibility (CSR) terhadap Reaksi Investor. Artikel Ilmiah STIE PERBANAS SURABAYA.
Sunyoto, Danang. 2013. Perilaku Konsumen. Yogyakarta: Center of Academic Publishing Service (APS).
Usaha Mikro Kecil Menengah “UMKM”, diakses pada tanggal 30 September dari http://www.depkop.go.id
Wahyudi, Agustinus Sri. 1996 Manajemen Strategik Pengantar Berpikir Strategik: Formulasi, Implementasi dan Pengendalian. Jilid I. Jakarta:Binarupa Aksara
Yuliani, R. & Widyakanti. (2020). Peningkatan penjualan melalui inovasi kemasan dan label pada UMKM. Jurnal Keuangan Umum dan Akuntansi Terapan, 2(2), 71-74.
Zulkifli, N., Nurmayanti, N., & Ferdiansyah, H. (2021). Efektivitas Media Pembelajaran Daring di masa Pandemi Covid-19. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 5(1), 71—77. https://doi.org/10.33487/edu maspul.v5i1.1123