Pengembangan dan Inovasi Produk Kerupuk Petulo untuk Meningkatkan Daya Saing Usaha Mikro

Widi Ardianto, Aditya Noer Hefdi Purnomo, Bagas Widiyanto, Kamil Fikri, Hafidhah Riska Maulidya, Yuni Novita Sari, Ayu Azhari, Alifian Rizzalul Ahmad, Nur Aini Mayasiana

Abstract


Pelaksanaan kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini ditujukan kepada usaha mikro kerupuk petulo milik ibu er di Dusun Darungan Desa Cangkring Kecamatan Jenggawah Kabupaten Jember. Usaha ini didirikan sejak tahun 2003 yang pada artinya sudah berjalan sekitar 20 tahun. Namun tidak ada label usaha dan kemasan produk hanya menggunakan kantong kresek. Pelaksanaan kegiatan dimulai bulan Oktober sampai dengan Desember 2023 di usaha mikro kerupuk petulo milik ibu istri atau lebih dikenal dengan Ibu Er. Kegiatan ini melibatkan 6 mahasiswa dari Program Studi Ilmu Administrasi Niaga. Metode kegiatan yang dilaksanakan yaitu pengembangan dan inovasi kemasan produk kerupuk petulo, pemberian lebel usaha. Tujuan kegiatan adalah guna meningkatkan daya saing usaha mikro kerupuk petulo milik Ibu Er. Hasil usaha ini adalah Ibu Er sudah mengetahui tentang pengembangan dan inovasi produk.

Keywords


Pengembangan Produk, Inovasi Produk, Daya Saing, Usaha Mikro

References


Abdjul, dkk. (2018). Analisis Pengaruh Inovasi Produk, Kualitas Produk dan Citra Merek terhadap Keputusan

Assauri, S. (2015). Manajemen Pemasaran Dasar Konsep dan Strategi. Jakarta: Rajawali.

Doktersehat, R. (2019). 7 Manfaat Kerupuk yang Jarang Diketahui (Disertai Kandungan Gizi Kerupuk). 30 September 2022.

Elwisam, E., & Lestari, R. (2019). PENERAPAN STRATEGI PEMASARAN, INOVASI PRODUK KREATIF DAN ORIENTASI PASAR UNTUK MENINGKATKAN KINERJA PEMASARAN UMKM. Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT, 4(2), 277-286.

Kotler, Philip (2000). Prinsip – Prinsip Pemasaran Manajemen, Jakarta : Prenhalindo.

Pembelian Mobil Nissan Grand Livina pada PT.Wahana Wirawan Manado. Jurnal EMBA, Vol.6 No.4, Hal. 3553– 3562.

Sari, L. N. (2017). Pengaruh Profitabilitas, Leverage dan Corporate Social Responsibility (CSR) terhadap Reaksi Investor. Artikel Ilmiah STIE PERBANAS SURABAYA.

Sunyoto, Danang. 2013. Perilaku Konsumen. Yogyakarta: Center of Academic Publishing Service (APS).

Usaha Mikro Kecil Menengah “UMKM”, diakses pada tanggal 30 September dari http://www.depkop.go.id

Wahyudi, Agustinus Sri. 1996 Manajemen Strategik Pengantar Berpikir Strategik: Formulasi, Implementasi dan Pengendalian. Jilid I. Jakarta:Binarupa Aksara

Yuliani, R. & Widyakanti. (2020). Peningkatan penjualan melalui inovasi kemasan dan label pada UMKM. Jurnal Keuangan Umum dan Akuntansi Terapan, 2(2), 71-74.

Zulkifli, N., Nurmayanti, N., & Ferdiansyah, H. (2021). Efektivitas Media Pembelajaran Daring di masa Pandemi Covid-19. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 5(1), 71–77. https://doi.org/10.33487/edu maspul.v5i1.1123




DOI: https://doi.org/10.37849/mipi.v7i1.400

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Widi Ardianto, Aditya Noer Hefdi Purnomo, Bagas Widiyanto, Kamil Fikri, Hafidhah Riska Maulidya, Yuni Novita Sari, Ayu Azhari, Alifian Rizzalul Ahmad, Nur Aini Mayasiana

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Related Issue

  • Slot Online: Game Judi Terpopuler dan Viral
  • Slot Demo: Permainan Slot Gratis Dengan Akun PG Slot88
  • Wargabet: Situs Live Casino Terlengkap
  • Akun Demo Slot: Akses Permainan Slot Demo Percobaan
  • Slot Gacor: Judi Online Mudah JP Maxwin
  • Slot Gratis: Main Game Online Tanpa Deposit
  • Pragmatic Demo: Slot Mirip Asli Infinistaging
  • Idn Poker: Situs Judi Wargapoker Online Terpercaya
  • Joker123: Agen Joker Gaming Terbaru
  • Pragmatic121: Link Daftar dan Login Pragmatic Play
  • Serial Slot: Demo Online Gratis No Limit
  • https://britishcheeseweekender.com/