Optimalisasi Penjualan Produk Melalui Inovasi Kemasan dan Pemasaran Digital Pada Usaha Krupuk Pentol di Desa Wonojati

Andrias Dwimahendrawan, Ade Putri Margareta, Trias Yulistiani

Abstract


Inovasi dan Pemasaran adalah kegiatan pokok yang perlu dilakukan oleh perusahaan baik itu perusahaan barang atau jasa dalam upaya untuk mempertahankan kelangsungan hidup usahanya. Hal tersebut disebabkan karena inovasi dan pemasaran merupakan salah satu kegiatan perusahaan, di mana secara langsung berhubungan dengan konsumen.Maka kegiatan inovasi dan pemasaran dapat diartikan sebagai kegiatan manusia yang berlangsung dalam kaitannya dengan pasar. Inovasi kemasan dan Pemasaran digital merupakan metode mengintegrasikan kemasan produk dan media baru (new media) pada penerapan strategi pemasaran. Sosial media yang menjadi produk dari media baru menjadi perangkat pemasaran yang adaptif dalam mengkampanyekan suatu produk.

Pelaksanaan kegiatan pengabdian dilaksanakan di usaha krupuk pentol milik Ibu Azizah yang berada di Desa Wonojati, Kecamatan Jenggawah, dengan dibantu dengan 2 (dua) mahasiswa dari program studi ilmu administrasi niaga dan dan dilaksanakan selama 3 (tiga) bulan mulai bulan Oktober sampai dengan bulan Desember. Tahapan dalam kegiatan ini ada 3 (tiga) tahap, yaitu: tahap sosialisasi, tahap pelatihan, dan tahap monitoring/evaluasi tentang inovasi kemasan  dan pemasaran produk melalui web dengan cara membuatkan akun di media sosial sebagai sarana menjual dan memperkenalkan produk. Tujuan dari kegiatan pengabdian ini adalah untuk membantu dan meningkatkan pengetahuan pemilik usaha pembuatan krupuk pentol dan pentingnya pemasaran online melaui media sosial untuk meningkatkan penjualan produk.

Hasil kegiatan pengabdian pada usaha kerupuk pentol milik Ibu Azizah setelah melakukan inovasi kemasan dan pemasaran lewat media online selama 3 (tiga) bulan pendampingan dari kegiatan pengabdian ini dapat dilihat hasil pemesanan produk krupuk pentol sudah mulai meningkat dan akun media online secara bertahap mulai dikunjungi oleh konsumen, karena pemilik sudah bisa memajang hasil produksinya pada laman akun media sosial yang dimiliki, seperti: Facebook, Tiktok, Instagram.


Keywords


Inovasi, Pemasaran Digital, Media Online

Full Text:

PDF

References


Aditya, S., & Rahmi, E. D. (2017). Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM), di Kelurahan Malaka Sari, Duren Sawit. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Madani, 1 - 17.

Anggraini, R. N. (2019). Pengaruh Celebrity Endorser dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Shampo Sunsilk Hijab Recharge. In Jurnal Administrasi Bisnis (Vol. 8, Issue 1). https://doi.org/10.35797/jab.8.1.2019.23499.44-54.

Agustia, Dianawati, and Indah. 2018. Managerial Ownership, Corporate Social Responsibility Disclosure and Corporate Performance. Management of Sustainable Development 10 (2):67-71.

Ali, Hasan . 2013. Marketing dan Kasus-Kasus Pilihan. Yogyakarta. CAPS (Center For Academic Publishing Service).

Effendy, Mochtar Luthfi, Maheni ka Sari, and Haris Hermawan. 2021. “Pengaruh Strategi Promosi Melalui Media Sosial, Kualitas Pelayanan, Dan Word of Mouth Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Warung Kopi Cak Kebo.” eJournal Ekonomi Bisnis dan Akuntansi 8(2): 107–16.

Fandy Tjiptono, dan Gregorius Chandra. 2011. Service, Quality and Satisfaction (ed 3). Yogyakarta. Andi.

Gajali, Jamaludin AL, M. Hufron, and Fahrurrozi Rahman. 2020. “Analisis Pengaruh Bauran Pemasaran (7P) Terhadap Keputusan Pembelian Pada Rumah Makan Nasi Bakar Bilmar Adam (Studi Pada Konsumen Nasi Bakar Bilmar Adam Di Kecamatan Kumai Provinsi Kalimantan Tengah) Oleh:” Jurnal lmiah Riset Manajemen 9(18).

Griffin, R. W., & Ebert, R. J. (2006). Bisnis. Jakarta: Erlangga.

Kalakota, R. and Whinston, A. B, 1997. Electronic commerce : a manager’s guide, Addison-Wesley: Reading, Mass. ; Harlow, England.

Kotler, Plilip. 2000. Manajemen Pemasaran. Edisi Mileinium. Jakarta : PT. Indeks Kelompok Gramedia.

Kotler dan Amstrong. 2008. Prinsip-prinsip Pemasaran. Jilid 1 dan 2.Edisi 12. Jakarta: Erlangga.

Kotler, Philip dan Kevin L. Keller. 2009. Manajemen Pemasaran terj: Bob Sabran. Edisi 13 Jilid 1 dan 2. Erlangga:Jakarta.

Kotler dan Keller, 2012.Marketing Management Edisi 14. Global Edition.Pearson Prentice Hall.

Kotler, Amstrong. 2016. Principles of Marketing Sixteenth Edition Global Edition. England. Pearson Education Limited

Levens, M. 2010. Marketing: Defined, Explained, Applied. Hall Pearson Education International.

Nickels, W. G., McHugh, J. M., & McHugh, S. M. (1997). Understanding Business. USA: McGraw Hill Comp. Inc.




DOI: https://doi.org/10.37849/mipi.v6i2.368

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Andrias Dwimahendrawan, Ade Putri Margareta, Trias Yulistiani

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats

 

Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi (STIA) Pembangunan Jember

Jln. Lumba-lumba No. 9 Kelurahan Sempusari, Kecamatan Kaliwates, Kabupaten Jember Kode Pos 68135