Pendampingan Belajar Mandiri Siswa Disabilitas Spektrum Autis Pada Materi Aljabar Matematika

Authors

  • Hersiyati Palayukan Universitas PGRI Argopuro Jember
  • Evy Lalan Langi Universitas Kristen Indonesia Toraja
  • Septi Triyani Universitas PGRI Argopuro Jember
  • Inelsi Palengka Universitas Kristen Indonesia Toraja
  • Indah Rahayu Panglipur Universitas PGRI Argopuro Jember

DOI:

https://doi.org/10.37849/mipi.v6i2.367

Keywords:

Belajar Mandiri, Disabilitas, Spektrum Autis, Aljabar

Abstract

Anak dengan disabilitas spektrum autis perlu mendapatkan waktu yang lebih di rumah untuk dapat membiasakan belajar mandiri. Pembisaan ini tentu saja memerlukanperan penting orang tua dalam pelaksanaanya. Keluarga dengan kondisi anak yang mengalami spektru autis memrlukan pendampingan yang tepat untuk dapat menjadikan orangtua berwawasan dan siap mendapingi anak belajar mandiri di rumah. Perlu diberikan pendamapingan bagi anak dan khususnya orang tua dalam kemampuan belajar mandiri. Metode yang digunakan adalah observasi dan wawancara serta pembelajaran online dan offline. Metode ini sangat penting dilakukan untuk denganmneyesuaikan berdasarkan hasil identifikasi bahwa sekolah menerapkan pembelajaran online dalampemberian tugas. Dalam pendampingan belajar mandiri pada anak spektrum autis untuk materi matematika aljabar menggunakan media bantu untuk pembelajaran yaitu video interaktif yang khusus bagi anak spektrum autis. Media pembelajaran khusu bagi anak spektrum autis memerlukan ketersedian yang banyak agar dapat meningkatkan minat dan ketertarikan dalam belajar sehingga anak dapat belajar mandiri dan menyelesaikan tugas yang dibrikan dnegan baik

References

Ariyanti, G., Easti Rahayu Maya Sari, A., & Ary Wicaksono, D. (2021). Pendampingan Belajar Matematika Bagi Anak Berkebutuhan Khusus di SLB Bhakti Luhur Kota Madiun. Jurnal Abdimas BSI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 296—301. https://doi.org/10.31294/jabdimas.v4i2.9538

Meirista, E., Rahayu, M., & Lieung, K. W. (2020). ANALISIS PENGGUNAAN MODEL THINK, TALK AND WRITE BERBANTUAN VIDEO PADA MAHASISWA DISABILITAS. Jurnal Pendidikan Edutama, 7(2), 9. https://doi.org/10.30734/jpe.v7i2.727

Mof, Y., & Ramadan, W. (2023). Terapi Motorik Anak : Studi Awal Terapi pada Anak Autisme di Pusat Layanan Disabilitas dan Pendidikan Inklusi Kalsel. 3, 8328—8338.

Panglipur, I. R. (2023). ANALYSIS OF LEARNING STYLES AND MATHEMATICAL LITERACY SKILLS OF THE BLIND. Journal of Research, Review and Educational Innovation, 1(3), 102—108. https://doi.org/https://doi.org/10.47668/jrrei.v1i3.918

Rahayu, E. W. (2019). RESILIENSI PADA KELUARGA YANG MEMPUNYAI ANAK DISABILITAS: REVIEW. Psikovidya, 23(1), 22—45. https://doi.org/10.37303/psikovidya.v23i1.126

Saichu, A. C., & Listiyandini, R. A. (2018). Pengaruh Dukungan Keluarga dan Pasangan terhadap Resiliensi Ibu yang Memiliki Anak dengan Spektrum Autisme. Psikodimensia, 17(1), 1. https://doi.org/10.24167/psidim.v17i1.1293

Tampubolon, B. (2020). Motivasi Belajar Dan Tingkat Belajar Mandiri Dalam Kaitannya Dengan Prestasi Belajar Mahasiswa. Jurnal PIPSI (Jurnal Pendidikan IPS Indonesia), 5(2), 34. https://doi.org/10.26737/jpipsi.v5i2.1920

Utari, yuli P., Triyani, S., & Panglipur, I. R. (2023). IMPLEMENTATION OF GAME-BASED LEARNING METHODS ON MULTIPLE AND DIVISION COUNTING OPERATIONS IN CLASS VII SMP PLUS RAUDLATUL MUQORROBIN KALISAT. 1(22), 117—123.

Published

2023-12-30