Pemberdayaan Ekonomi Kreatif Penerima Jatim Puspa Guna Meningkatkan Daya Saing Usaha Perempuan

Faiqoh Nurul Hikmah, Mohammad Baladdudin

Abstract


Pelaksanaan kegiatan pengabdian ini ditujukan kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM) dalam memulihkan ekonomi pasca Covid-19 di Desa Glagahwero Kecamatan Kalisat Kabupaten Jember. Seiring dengan perkembangan zaman yang menuntut perempuan untuk bisa membantu dan memenuhi kebutuhan dalam rumah tangga maka diperlukan usaha pemberdayaan yang peduli dan berpihak kepada perempuan. Oleh sebab itu, Jawa Timur Peduli Usaha Perempuan dibawahi oleh Gubernur Khofifah Indar Parawansa mendorong kebijakan ini agar dapat diimplementasikan oleh Perempuan Jawa Timur dalam meningkatkan Usahanya. Mulai dari membuka usaha kelontong, jajanan (kue basah dan kering), gorengan, bakso, dan sebagainya. Program Jatim Puspa tersebut dimaksudkan untuk membantu perekonomian kelas menengah agar lebih produktif dan meningkatkan kesejahteraan rumah tangganya. Mulai dari usia 40 tahun atau lebih. Selama ini ibu-ibu yang usia produktif dan lansia tidak mempunyai usaha untuk penghasilannya agar tidak menjadi beban rumah tangga. Kegiatan dimulai bulan Januari sampai Juni 2023. Kegiatan ini melibatkan 5 mahasiswa dari Program Studi Ilmu Administrasi Negara. Metode kegiatan yang dilaksanakan yaitu managemen dagang yang baik, sosialisasi dan pemberdayaan usaha dagang dan inovasi dalam berdagang. Tujuan kegiatan adalah guna meningkatkan pemberdayaan ekonomi kreatif penerima Jatim Puspa. Hasil kegiatan ini adalah Pengembangan Ekonomi Kreatif oleh Perempuan terus bertahan sehingga menambah Penghasilan dalam mengurangi beban rumah tangga. Seperti pedangan Sembako (peracangan), Gorengan, Sosis, dan Nasi Pecel.


Keywords


Pengembangan Ekonomi, Program Jatim Puspa, Pemberdayaan.

Full Text:

PDF

References


Ardiana, T. E., & Cendriono, N. (2017). Peningkatan Usaha Jamu Untuk Menunjang Ekonomi Keluarga Pada Penerima Bantuan Program Jalin Matra Di Desa Karangrejo Kecamatan Kawedanan Kabupaten Magetan. In Prosiding Seminar Nasional Hasil Pengabdian kepada Masyarakat LPPM Universitas PGRI Madiun (pp. 110-114).

Cendriono, N. (2017). Pendampingan Program Jalin Matra Feminisasi Kemiskinan Propinsi Jawa Timur Tahun 2015 Di Desa Nglanduk Kec Wungu Kab Madiun. Adimas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 13-24.

Kotler, Philip dan Armstrong, Gary. 2008. Prinsip-prinsip Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Mavianti, M., Harfiani, R., & Setiawan, H. R. (2020). Pelatihan Kewirausahaan Sebagai Upaya Meningkatkan Ekonomi Keluarga Kader ‘Aisyiyah Pimpinan Ranting Tanjung Selamat. Maslahah: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2).

Moorcy, N. H., Yusuf, T., & Pudjiati, P. (2020). Pengembangan Ekonomi Masyarakat Melalui Pemberdayaan Ekonomi Mikro Kecil dan Menengah di Kelurahan Penajam. Abdimas Universal, 2(2), 66-69.

Purwantini, A. H., Hermawan, C. A., Nugraheni, D. S., Annisa, M. R., Kurniawan, R., & Tanafi, D. I. (2020). PPMT Pemberdayaan KWT Sakinah Dusun Gales, Kabupaten Magelang Guna Mewujudkan Kemandirian Ekonomi Keluarga. Jurnal Ilmiah Pangabdhi, 6(2), 122-12.

Tjiptono, Fandy. 2008. Strategi Pemasaran. Yogyakarta: ANDI.

Utomo, K. S., & Haryani, T. N. (2019). Mengurai Feminisasi Kemiskinan Kepala Rumah Tangga Perempuan (Kajian Pada Program Pfk Jalin Matra). Jurnal Komunikasi Dan Kajian Media, 3(1), 15-23.

Wibawa, R. P., & Andriani, D. N. (2017). Strategi Pembangunan Ekonomi Berbasis Komunitas Di Kota Madiun. PROMOSI: Jurnal Program Studi Pendidikan Ekonomi.

https://balitbangda.lampungprov.go.id/detail-post/daya-saing#:~:text=Daya%20saing%20(competitiveness)%20dalam%20bahasa,lebih%20dan%20ada%20yang%20kurang.),

https://dinkopum.bojonegorokab.go.id/menu/detail/5/KRITERIAUMKM.

https://www.kemenpppa.go.id/index.php/page/read/29/4182/pemberdayaan-ekonomi-perempuan-penopang-kesejahteraan-keluarga-dan-negara




DOI: https://doi.org/10.37849/mipi.v6i2.361

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Faiqoh Nurul Hikmah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats

 

Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi (STIA) Pembangunan Jember

Jln. Lumba-lumba No. 9 Kelurahan Sempusari, Kecamatan Kaliwates, Kabupaten Jember Kode Pos 68135