Pelatihan Umkm Kripik Kedelai dalam Pengembangan Produk Dan Promosi Untuk Meningkatkan Penjualan
Abstract
Persaingan pasar saat ini semakin ketat ditambah dengan kondisi pandemi Covid 19 yang sudah berlangsung cukup lama sehingga banyak UMKM yang ikut terdampak dengan adanya pandemi ini, salah satunya yaitu UMKM Kripik Kedelai yang ada di Desa Kertonegoro. Menurunnya penjualan membuat pendapatan usaha menjadi tidak stabil seperti biasanya. Oleh karena itu usaha yang dapat dilakukan dalam menangani krisis saat ini yaitu dengan melakukan pelatihan pengembangan produk pada UMKM Kripik Kedelai dengan penambahan varian rasa balado dan ayam panggang dan original selain itu juga melakukan pengembangan produk dengan menambah kemasan yang lebih kecil yang sebelumnya belum pernah ada serta melakukan pelatihan promosi yang efektif yang belum di terapkan yaitu melakukan promosi secara online dengan memasarkan melalui media sosial yaitu Facebook marketplace dan juga penjualan secara langsung guna meningkatkan penjualan pada UMKM Kripik Kedelai di masa pandemi ini.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Sriyanto,Kasidin,Sutianingsih.(2021).Pelatihan Pengembangan Atribut Produk dan Media Promosi pada Industri Rumahan Karak di Kali Jirak. Jurnal Pengabdian Masyarakat Kewirausahaan Indonesia. http://ejournal.lppm.stietmabhakti.id
Wasan, G.H., & Sariningsih, A.(2021).Pelatihan Pemasaran Produk Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (UMKM) Berbasis Digital di Kecamatan Citeureup. Jurnal Pengabdian Masyarakat Madani (JPMM),1(1),31-36. https://pkm.binamandiri.ac.id
DOI: https://doi.org/10.37849/mipi.v5i1.296
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Andrias Dwimahendrawan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.