Penentuan Strategi Pemasaran (Digital Marketing) Berdasarkan Segmentasi Pasar

Sampir Andrean Sukoco

Abstract


Segmentasi pasar adalah strategi kegiatan mengelompokkan pasar/calon konsumen yang memiliki persepsi yang sama antara kebutuhan dan keinginannya. Konsumen yang sangat beragam dijadikan menjadi bagian kecil, baik dari sisi kesukaan, keinginan, atau kebutuhan konsumen. Ketika pemasar sudah bisa mengidentifikasi calon konsumen yang dituju, maka pemasar akan memiliki peluang yang lebih besar ketika melakukan strategi pemasaran.

Mitra pengabdian adalah usaha kecil (keripik MEYDI) milik bapak Sugiyanto yang berada di Dusun Tegal Gayam Desa Kemuningsari Kidul Kabupaten Jember. Pelaksanaan pengabdan dimulai sejak  11 November 2021 dan selesai 17 Desember 2021. Pengabdian ini juga turut melibatkan 6 mahasiswa STIA Pembangunan Jember.

Metode pelaksanaan dimulai dari observasi analisis situasi, sosialisasi, lalu dilanjutkan dengan pelatihan-pelatihan, dan yang terakhir dengan cara melakukan monitoring evaluasi. Tujuan pengabdian ini agar mitra memiiki segmentasi pasar yang jelas, memiliki akun media sosial, dan bisa melakukan digital marketing. Sehingga diharapkan nanti omzet dari MEYDI dapat meningkat.

Pengabdian ini memiliki keberhasilan yang sudah dapat dirasakan oleh mitra. Pertama, mitra sudah dapat memiliki fokus segmentasi pasar yang jelas yaitu para anak muda. Kedua, mitra sudah memiliki akun media sosial instagram dan facebook, serta sudah masuk marketplace shopee. Ketiga, mitra sudah dapat melakukan digital marketing melalui platform yang sudah dibentuk.


Keywords


Strategi, Pemasaran, Segmentasi

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.37849/mipi.v4i2.254

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Sampir Andrean Sukoco

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats

 

Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi (STIA) Pembangunan Jember

Jln. Lumba-lumba No. 9 Kelurahan Sempusari, Kecamatan Kaliwates, Kabupaten Jember Kode Pos 68135