Sosialisasi Pentingnya Inovasi Produk Pada Filter Coffee Dan Pelatihan Inovasi Produk
Abstract
Inovasi produk yaitu sesuatu yang dapat dilihat sebagai kemajuan fungsional produk yang dapat membawa produk selangkah lebih maju dibandingkan dengan produk pesaing. Tujuan utama dari inovasi produk adalah untuk memenuhi permintaan pasar sehingga produk inovasi merupakan salah satu yang dapat digunakan sebagai keunggulan bersaing bagi perusahaan. Pelanggan umumnya menginginkan produk-produk yang inovatif sesuai dengan keinginan mereka.
Pelaksanaan kegiatan dimulai tanggal 17 Oktober 2021 sampai dengan 30 November 2021 di UMKM Filter Coffee milik Bapak Dwi Nofiyanata, Desa Kemuningsari, Kecamatan Jember. Kegiatan ini melibatjab 6 mahasiswa dari Progam Studi Ilmu Administrasi Negara dan Niaga. Metode kegiatan yang dilaksanakan yaitu observasi mahasiswa dan Dosen, sosialisasi pentingnya inovasi, pelatihan inovasi produk, monitoring dan evaluasi progam pengabdian kepada masyarakat. Tujuan kegiatan adalah meningkatkan pengetahuan, keterampilan, dan pendapatan usaha Filter Coffee milik Bapak Dwi Nofiyanata melalui progam inovasi produk.
Hasil kegiatan ini adalalah UMKM Filter Coffee milik Bapak Dwi Nofiyanata telah memiliki produk inovasi yaitu parfum kopi. Bapak Dwi Nofiyanata mampu melakukan edukasi dan praktik inovasi kepada karyawan sehingga dapat membuat produk inovasi. Produk parfum kopi dikemas dengan kain goni rajut ukuran 15 cm x 8 cm serta diberi label sehingga terlihat lebih menarik. Parfum kopi memiliki manfaat dalam kehidupan sehari-hari, diantaranya menghilangkan aroma tidak sedap di ruangan, sebagai penghias kendaraan roda empat dan bisa menjadikan parfum aroma dalam sebuah ruangan.
Keywords
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.37849/mipi.v4i1.245
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Alifian Nugraha
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.