KUALITAS PELAYANAN KARYAWAN DALAM MENINGKATKAN KEPUASAN ANGGOTA

Siti Husnul Hotima

Abstract


Koperasi sebagai salah satu bentuk badan usaha mempunyai peran strategis bagi pemberdayaan dan penguatan perekonomian rakyat. Koperasi sebagai sebuah lembaga ekonomi rakyat telah lama dikenal di Indonesia dan masih bisa bertahan dan berkembang ditengah persaingan yang ada khususnya di Kabupaten Jember.Koperasi Wanita Budi Pertiwi harus mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan anggotanya. Salahsatunya adalah dengan meningkatkan pelayanan karyawan kepada anggota koperasi.

Penelitian ini bertujuan untuk menganilisis seberapa besar hubungankualitas pelayanan karyawan terhadap kepuasan pelanggan. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah menggunakan pendapat Slovin dimana sampel dalam penelitian ini adalah 88 orang anggota, kemudian dilakukan analisis terhadap data yang diperoleh dengan menggunakan analisis korelasi Product Moment.

Setelah di ketahui nilai r hitung kemudian akan di analisis lagi menggunakan uji t

dimana variabel Kepuasan Anggota (Y), variabel Kualitas Pelayanan (X). Hasil penelitian menunjukan bahwa nilai yang diperoleh atas uji analisis menggunakan product moment telah membuktikan bahwa, untuk product moment diperoleh hasil sebesar (r hitung) 0,975>0,183(r tabel) menunjukan bahwa pelayanan karyawan koperasi berhubungan erat dengan kepuasan anggota. Dari lima indikator pelayanan anggota yaitu (1) reliability, (2) Responsiveness, (3)  Access, (4) Courtesy, (5) Communication, indikator courtesy merupakan indikator yang mempunyai hubungan paling kuat yaitu sebesar 0,975.



DOI: https://doi.org/10.37849/midi.v11i1.9

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2011 Majalah Ilmiah Dian Ilmu

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View My Stats

 

Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi (STIA) Pembangunan Jember

Jln. Lumba-lumba No. 9 Kelurahan Sempusari, Kecamatan Kaliwates, Kabupaten Jember Kode Pos 68135