EVALUASI KEBIJAKAN SISTEM INFORMASI ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN DALAM MEWUJUDKAN TERTIB ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN DI KOTA PROBOLINGGO

Yudha Arisandy, Ardiyanto Ardiyanto, Sasongko Sasongko

Abstract


Penelitan ini dilakukan untuk mengetahui bagaimanakah evaluasi kebijakan Sistem Informasi Administrasi Kependudukan (SIAK) dalam mewujudkan tertib administrasi kependudukan di Kota Probolinggo. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif dengan fokus penelitian evaluasi pada sumber daya manusia dan sarana prasarana pendukung sistem informasi administrasi kependudukan.

Penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling dan accidental sampling kemudian teknik pengumpulan data dilakukan yaitu penelitian lapangan dengan cara melakukan wawancara secara mendalam, observasi dan dokumentasi. Fokus evaluasi kebijakan SIAK di Kota Probolinggo pada sumber daya manusia dan sarana prasarana.

Hasil penelitian diketahui bahwa  evaluasi yang dilaksanakan termasuk ke dalam on going evaluation dan bersifat sistematis bahwa kebijakan tersebut dilaksanakan untuk mengukur dampak bagi masyarakat dan melihat tujuan itu tercapai. Pelaksanaan kebijakan SIAK di Kota Probolinggo sudah berjalan baik tetapi di Kota Probolinggo masih terdapat duplicate record (data ganda ) yang dipengaruhi human error dari operator SIAK dan masyarakat serta jaringan trouble, server SIAK dan KTP-el masih terpisah yang menyebabkan permasalahan pada pelayanan administrasi kependudukan. Evaluasi yang dilaksanakan meliputi: (1) monev rutin dengan Kecamatan dan Kelurahan di Kota probolinggo; (2) pengembangan jaringan SIAK; (3) pelatihan teknis operator SIAK; dan (4) sosialisasi kepada masyarakat Kota Probolinggo.

 

Kata Kunci: Evaluasi Kebijakan, SIAK, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil



DOI: https://doi.org/10.37849/midi.v17i2.82

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Majalah Ilmiah Dian Ilmu

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View My Stats

 

Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi (STIA) Pembangunan Jember

Jln. Lumba-lumba No. 9 Kelurahan Sempusari, Kecamatan Kaliwates, Kabupaten Jember Kode Pos 68135