PENGARUH PEMBERIAN BANTUAN DANA BAGIAN KESEJAHTERAAN RAKYAT SEKRETARIAT KABUPATEN JEMBER TERHADAP PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN PONDOK PESANTREN

Siti Husnul Hotima

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah “Untuk mengetahui sejauh manakah pengaruh pemberian bantuan dana Bagian Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Kabupaten Jember terhadap peningkatan mutu pendidikan pondok pesantren”.

Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Lokasi penelitian dilakukan di Pondok Pesantren yang menerima bantuan dana sosial dari Bagian Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Kabupaten Jember. Populasi dalam penelitian ini adalah Pondok Pesantren di  Kabupaten Jember yang telah menerima bantuan dana sosial dari Bagian Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Kabupaten Jember, yaitu sebanyak 657 Pondok Pesantren. Penentuan sampel dalam penelitian ini menggunakan rumus yang dikembangkan oleh Slovin dalam Umar (2004:107) yaitu 38 kepala keluarga. Dalam pengambilan data menggunakan proses wawancara dimana dipergunakan lembar jawaban yang disusun sesuai dengan skala Likert. Analisis data menggunakan analisis Korelasi Product Moment Karl Pearson, sedangkan kriteria pengambilan keputusannya dapat dilihat dari besarnya koefisien korelasi setelah dilakukan perhitungan menggunakan SPSS 16 for Windows adalah -1≤ r ≤ 1.

Berdasarkan pada analisis data dengan menggunakan analisis Korelasi Product Moment Karl Pearson menunjukkan bahwa Ha diterima yang artinya ada hubungan yang positif dan signifikan antara pemberian dana bantuan sosial dengan sarana prasarana pondok pesantren untuk meningkatkan kualitas pendidikan. Berdasar pada perhitungan uji t test maka diperoleh t hitung lebih besar dibanding dengan t tabel, dengan demikian hubungan tersebut terbukti secara nyata dan signifikan.



DOI: https://doi.org/10.37849/midi.v13i1.30

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2013 Majalah Ilmiah Dian Ilmu

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View My Stats

 

Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi (STIA) Pembangunan Jember

Jln. Lumba-lumba No. 9 Kelurahan Sempusari, Kecamatan Kaliwates, Kabupaten Jember Kode Pos 68135