PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN (STUDI KASUS DI DINAS PASAR AMBULU, KECAMATAN AMBULU, KABUPATEN JEMBER)
Abstract
Studi ini perlu dilakukan dalam rangka dapat memberikan manfaat
sebagai sumbangan pemikiran kepada instansi pemerintah penyedia layanan
kesehatan dalam upaya peningkatan pelayanan kepada konsumen (pedagang),
memberikan pertimbangan bagi pihak manajemen dalam pengambilan
keputusan tentang hubungan perbaikan kinerja pelayanan di Dinas Pasar
Ambulu Kabupaten Jember.
Penelitian dilaksanakan pada Dinas Pasar Ambulu. Data di kumpulkan
dengan metode kuisioner, yang di susun dalam skala likert. Setelah data
terkumpul selanjutnya di analaisis dengan korelasi product moment dengan
menggunakan program SPSS 17.
Hasil penelitian menunjukan bahwa ada pengaruh antara kualitas
pelayanan terhadap kepuasan pelanggan. Hal ini berdasarkan nilai rs –hitung
(0,878) yang lebih besar dibanding dengan rs – tabel untuk N= 30 dengan taraf
signifikansi 5% adalah 0,306). Ternyata pengaruh kualitas pelayanan yang
diberikan oleh petugas pasar terhadap tingkat kepuasan pelanggan juga sangat
meyakinkan.
sebagai sumbangan pemikiran kepada instansi pemerintah penyedia layanan
kesehatan dalam upaya peningkatan pelayanan kepada konsumen (pedagang),
memberikan pertimbangan bagi pihak manajemen dalam pengambilan
keputusan tentang hubungan perbaikan kinerja pelayanan di Dinas Pasar
Ambulu Kabupaten Jember.
Penelitian dilaksanakan pada Dinas Pasar Ambulu. Data di kumpulkan
dengan metode kuisioner, yang di susun dalam skala likert. Setelah data
terkumpul selanjutnya di analaisis dengan korelasi product moment dengan
menggunakan program SPSS 17.
Hasil penelitian menunjukan bahwa ada pengaruh antara kualitas
pelayanan terhadap kepuasan pelanggan. Hal ini berdasarkan nilai rs –hitung
(0,878) yang lebih besar dibanding dengan rs – tabel untuk N= 30 dengan taraf
signifikansi 5% adalah 0,306). Ternyata pengaruh kualitas pelayanan yang
diberikan oleh petugas pasar terhadap tingkat kepuasan pelanggan juga sangat
meyakinkan.
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)DOI: https://doi.org/10.37849/midi.v12i2.27
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2013 Majalah Ilmiah Dian Ilmu
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.