Pengaruh Investasi, Tenaga Kerja dan Kesejahteraan terhadap Pertumbuhan Ekonomi Era Pandemi Covid-19 di Kota Jember

Achadyah Prabawati, Moh. Dian Qurnia

Abstract


Masa pandemi Covid-19 memang menjadi masalah global yang mewabahi masyarakat. Selain ketakutan karena tertular penyakit juga ketakutan kurangnya penghasilan yang disebabkan pengurangan lapangan  kerja. Kondisi ini mengakibatkan masyarakat yang tertimpa pemutusan hubungan kerja harus beraktifitas melakukan usaha mandiri untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.

Penanaman investasi yang dilakukan akan menambah lapangan  kerja baru. Dengan penanaman investasi maka akan menghasilkan perolehan pendapatan, yang berakibat adanya peningkatan kesejahteraan. Karena dengan pemutusan hubungan kerja yang telah menimpanya maka memperoleh penghasilan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Dengan perekonomian yang berubah mengakibatkan adanya pergeseran tingkat perekonomian bagi  masyarakat Kota Jember.

 Berdasarkan analisa regresi berganda maka menghasilkan adanya pengaruh yang signifikan secara simultan dan parsial antara investasi, tenaga kerja dan kesejahteraan terhadap pertumbuhan ekonomi. Walaupun pengaruh negatif untuk investasi.

Berdasarkan path analysis maka terdapat hubungan secara langsung dan tidak langsung antara investasi terhadap pertumbuhan ekonomi dan tenaga kerja terhadap pertumbuhan ekonomi dengan intervening kesejahteraan. Serta terdapat hubungan secara langsung dan tidak langsung antara investasi terhadap pertumbuhan ekonomi, terdapat hubungan secara langsung dan tidak langsung antara investasi terhadap pertumbuhan ekonomi dengan intervening tenaga kerja.

Keywords


Investasi, Tenaga Kerja, Kesejahteraan, Pertumbuhan Ekonomi

Full Text:

PDF

References


Antara, Made. 2000. Dampak Pengeluaran Pemerintah dan Wiasatawan serta Investasi Swasta Terhadap Kinerja Perekonomian Bali; Pendekatan Social Accounting Matrix. Jurnal Ekonomi Keungan Indonesia. Vol. 8, No.3: 211-219.

Arsyad, Lincolin. 2009. Ekonomi Pembangunan, Edisi Keempat. Yogyakarta: STIE YKPN.

Djojohadikusumo Sumitro. 1998. Dasar Teori Ekonomi Pertumbuhan dan Ekonomi Pembangunan. Jakarta: LP3ES.

Ermindra Emil. 1992. Investasi dan Tingkat Pertumbuhan Ekonomi di Indonesia. Jurnal FE-UNSRI. Vol. 3. No.6: 78-83.

Gujarati, Damodar. 2006. Ekonometrika Dasar. Jakarta: Erlangga.

Gusti I Ayu Putri Wahyuni. 2014. Pengaruh Pengeluaran Pemerintah dan Investasi terhadap Pertumbuhan Ekonomi dan Kesenjangan Pendapatan Kabupaten/Kota di Provinsi Bali. Ejurnal Ekonomi dan Bisnis. Vol. 4. No.6: 112-123.

Hasan Efrizal, Syamsul Amar, Ali Anis. 2013. Pengaruh Investasi, Angkatan Kerja dan Pengeluaran Pemerintah terhadap Pertumbuhan Ekonomi di Provinsi Sumatera Barat. Jurnal Ekonomi Pembangunan. Vol. 3 No.1: 41-49.

Kusnaidi. 2005. Aplikasi Analisis Multivariat dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponogoro.

Ma’ruf, A., Wihastuti, L. 2008. Pertumbuhan Ekonomi Indonesia: Determinan dan Prospeknya. Jurnal Ekonomi dan Studi Pembangunan. Vol. 9, No.1: 12-24.

Pieter N. De Fretes. 2007. Analisis tentang Pengaruh Investasi terhadap Pembangunan Ekonomi di Propinsi Papua. Jurnal Aplikasi Manajemen. Vol. 5. No.1: 45-53.

Pratama Rahartja dan Mandala Manurung, 2000. Teori Ekonomi Mikro Suatu Pengantar. Jakarta: Penerbit Fakultas Ekonomi UI.

Sadono Sukirno. 1997. Pengantar Teori Ekonomi Makro. Jakarta: Penerbit PT. Riyagra Tindo Persada.

Salhab, A., Soedjono, L. 2012. Pengaruh Inflasi, Jumlah Tenaga Kerja, dan Pengeluaran Pemerintah terhadap Pertumbuhan Ekonomi Bali. Jurnal Ekonomi Pembangunan. Vol. 3 No. 4: 114-123.

Sitaniapessy Harry A. P. 2013. Pengaruh Pengeluaran Pemerintah terhadap PDRB dan PAD. Economia. Vol. 9, No.1: 45-54.

Suparmoko. 2001. Ekonomi Publik, Untuk Keuangan dan Pembangunan Daerah, Edisi 1. Yogyakarta: Penerbit BPFE.

Todaro. M. P. 2003. Pembangunan Ekonomi di Dunia Ketiga, Edisi Ke Delapan Jakarta: Erlangga.




DOI: https://doi.org/10.37849/midi.v20i2.226

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Majalah Ilmiah Dian Ilmu

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View My Stats

 

Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi (STIA) Pembangunan Jember

Jln. Lumba-lumba No. 9 Kelurahan Sempusari, Kecamatan Kaliwates, Kabupaten Jember Kode Pos 68135