ANALISIS STRATEGI INOVASI DALAM MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN PRODUK OLAHAN DAUN KELOR PADA CV. KREATIF MARONGGIH CENTER COMMUNITY

Authors

  • Siti Husnul Hotima Program Studi Ilmu Administrasi Niaga Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Pembangunan Jember
  • Sufa'ati Sufa'ati Program Studi Ilmu Administrasi Niaga Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Pembangunan Jember

DOI:

https://doi.org/10.37849/midi.v20i1.208

Keywords:

Strategi, Inovasi, Produk, Analisis SWOT

Abstract

Upaya pencapaian peningkatan penjualan dapat dilakukan dengan strategi inovasi. Dengan melakukan inovasi, perusahaan berharap bisa selalu menciptakan hal-hal yang baru dari pada sebelumnya Strategi inovasi produk dengan tiga indikator yang terdiri dari fitur, desain dan kualitas secara logika dapat dipastikan akan meningkatkan volume penjualan. Peningkatan volume penjualan dipengaruhi oleh beberapa faktor yang antara lain adalah kualitas barang, selera konsumen, servis pelanggan dan persaingan harga jual. Dengan menggunakan Teknik analisis SWOT, matriks IFAS, matriks EFAS, matriks BCG, dan matriks Grand Strategi.. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, yaitu studi kasus yang menghasilkan data-data deskriptif yang dituangkan dalam kata-kata. kegiatan usaha dari CV.KM-2C dalam kondisi yang aktif bergerak untuk memotivasi di segala segi serta demi peningkatan produktifitas yang didukung dengan peningkatan penjualan untuk mencapai peningkatan yang optimal atas perolehan keuntungan usaha.

Kekuatan usaha   yang masih dalam kisaran   kekuatan medium pertengahan sebesar 1,40 mempunyai peluang yang lebih besar yaitu sebesar 1,59. Hal ini mengakibatkan usaha dalam kondisi Comparative Advantage pada tingkat 2,93. Artinya usaha harus aktif melakukan pengembangan dan inovasi secara kumulatif untuk meraih peluang   yang begitu bagus.

Author Biography

Siti Husnul Hotima, Program Studi Ilmu Administrasi Niaga Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Pembangunan Jember

Prodi Administrasi Bisnis

References

Arikunto, 1996, Prosedur Penelitian, Rineka Cipta, Jakarta.

Alimiyah dan Padji, 2003. Kamus Istilah Akuntansi. Bandung: Yrama Widya.

Basrowi dan Suwandi, Memahami Penelitian Kualitatif, (Jakarta:Rineka Cipta, 2008), h. 28

Bulgerman, R.A., Christensen, C.M, & Wheelwright, S.C (1990). StrategicManagement Technology and Innovation. McGraw Hill International Edition 5th Edition

Dhewanto, dkk.2015, Manejemen inovasi untuk usaha kecil dan mikro. Edisi Pertama. Bandung: Alfabeta

Freddy Rangkuti, Analisis SWOT teknik membedah kasus bisnis, Jakarta:PT.Gramedia Pustaka Utama, 2008), hal. 19

Hendro, Dasar-Dasar Kewirausahaan, (Jakarta: Erlangga, 2011), h.121.

Hof, Hamm DKK. Building an Idea Factory. Business Week, 11 Oktober 2014

Kotler, Philip.1986. ManejemenPemasaran:Analisis,Perencanaan,danpengendalian EdisiKelima.Jakarta:Erlangga

Kotler, Philip dan Armstrong, Garry, 2008. Prinsip-Prinsip Pemasaran Jilid 1.Erlangga Jakarta.

Krisnadi,2012. TheMultiple Distributer Of Moringa

Moleong, J, Lexy, 2011. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung : PT Remaja Rosdakarya

Moleong, J, Lexy, 2016. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung : PT Remaja Rosdakarya

Nasution.2002. Metode Research Penelitian Ilmiah Jakarta: PT Bumi Aksara

Oslo Manual, 2005. Guidelines For Colledge Coorperataion Innovation Data, OEDC Publishing

Pearce II , Robinson (2016) Manajemen Strategi, Formulasi, Implementasi dan Pengendalian Jakarta:Salemba Empat

Rangkuti, Freddy, 2009, Strategi Promosi Yang Kreatif, edisi pertama, cet. 1th, Gramedia pustaka Umum, Jakarta

Rangkuti, Freddy. 2014 Teknik Membedah Kasus Bisnis Analisis SWOT. Jakarta: PT Gramedia Pusaka Utama

Sedarmayanti, dan Hidayat, Syarifudin. 2011. Metodoligi Penelitian. Bandung: Mandar Maju.

Sugiyono, 2016. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung : Alfabeta

Schumpeter, J, A. (1934). The theory of economic development: an inquiry into profit, capital, credit, interest and the business cycle, Harvard University Press, Cambridge (Mass.)

Tedjo Tripomo dan Udan, Manajemen Strategi, Rekayasa Sains, Bandung, 2005, hal.118.

Trott, Paul Innovation Management and new Product Developmen, (2005)

Australia Institute for Commercialization. (2011). Innovation Tollbox.Diakses 27 Juni 2014, dari Innovation Toolbox. http://www.innovationtoolbox.com.au

Adrianah, Pengaruh Bauran Pemasarsn Terhadap Volume PejualanPada Pt. Ardan Masogi TBK Di Kota Pare-Pare, Jurnal Ekonomix Volume 5 No. 1, Juni 2017

Christensen, Clayton M (1997), The Innovations Dilemma: When New Technologis Cause Great Firms To Fail Boston, Massashusetts, USA: Havard Business School Press, ISBN 978-0-87584-585-2

Nora Anisa Br Sinulingga, Pengaruh Strategi Pemasaran Terhadap Volume Penjualan pada PT. Citra Mandiri Lestari,Jurnal Mantik Penusa, olume 17 No 1, Juni 2015

Makmur , Saprijal, Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Volume Penjualan pada S-Mart Swalayan Pasir Pangaraian, Jurnal Ilmiah Cano Ekonomi Vol. 3 No. 1 Januari 2015

Oslo Manual, 2005. Guidelines For Colledge Coorperataion Innovation Data, OEDC Publishing

Susilowati, Analisis Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Volume Penjualan Feminimae Hydine Sirih Pada PT. Romos Inti Kosmetik, Surabaya.Jurnal Lentera, Vol 14, No.2 September 2016

Downloads

Published

2021-04-20