Orientasi Pasar Dan Inovasi Produk Pengaruhnya Terhadap Kinerja Pemasaran Dengan Variabel Intervening Keunggulan Bersaing Pada UMKM Kecamatan Kaliwates
Abstract
Penelitian ini menganalisis pengaruh orientasi pasar dan inovasi produk terhadap kinerja pemasaran dengan keunggulan bersaing sebagai variabel intervening. Objek penelitian dari penelitian ini adalah pengusaha UMKM yang berada di Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember terutama UMKM yang bergerak di bidang makanan khusunya UMKM yang melakukan inovasi produk. Populasi pada penelitian ini sebanyak 49 UMKM yang bergerak dibidang makanan. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan sampling jenuh yaitu sebanyak 49 UMKM. Analisis yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis intervening (path analysis) dengan menggunakan software IBM SPSS 22.0. Terdapat tujuh hipotesis yang digunakan, dimana terdapat satu hipotesis yang tidak diterima dan tidak signifikan dan enam hipotesis diterima. Berdasarkan hasil penelitian, hipotesis yang tidak diterima dan tidak signifikan yaitu variabel inovasi produk terhadap keunggulan bersaing. Berdasarkan pengaruh langsung dan tidak langsung kedua jalur berpengaruh, namun terdapat jalur yang berpengaruh namun tidak signifikan yaitu variabel inovasi produk terhadap kinerja pemasaran melalui keunggulan bersaing. Sedangkan jalur dari variabel orientasi pasar terhadap kinerja pemasaran melalui keunggulan bersaing berpengaruh dan signifikan.
Kata Kunci: Orientasi Pasar, Inovasi Produk, Keunggulan Bersaing, Kinerja Pemasaran.
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)DOI: https://doi.org/10.37849/midi.v18i2.112
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Majalah Ilmiah Dian Ilmu
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.