PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY PENGARUHNYA TERHADAP PROFITABILITAS PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA

Nungky Viana Feranita, Dwi Anugrah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Corporate Social Responsibility (CSR) terhadap profitabilitas yang diukur menggunakan rasio Return On Equity (ROE) pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2014 dan 2015. Pengungkapan CSR merupakan proses pengkomunikasian dampak sosial dan lingkungan dari kegiatan ekonomi organisasi terhadap kelompok khusus yang berkepentingan dan terhadap masyarakat secara keseluruhan.

Sumber data yang digunakan yaitu data sekunder yaitu laporan keuangan tahunan yang diperoleh dari Indo-Exchange File (IDX). Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, sampel diambil menggunakan teknik purposive sampling berjumlah 27 perusahaan manufaktur dari populasi 143 perusahaan manufaktur. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi sederhana.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengungkapan CSR berpengaruh tidak signifikan terhadap profitabilitas dengan nilai thitung < dari ttabel yaitu 0,645 < 1,674 dan niliai sig > α yaitu 0,522 > 0,05 maka H0 diterima yang artinya tidak ada pengaruh pengungkapan CSR terhadap profitabilitas. Nilai koefisien determinasi menunjukan hasil sebesar 0,008 atau 0,8%, artinya 0,8% profitabilitas dapat dijelaskan oleh CSR sedangkan sisanya dijelaskan oleh variabel lainnya seperti financial leverage, reputasi auditor, market to book ratio, return on asset, dan lainnya.

 

Kata Kunci: Pengungkapan CSR, Profitabilitas, Perusahaan Manufaktur



DOI: https://doi.org/10.37849/midi.v17i2.81

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Majalah Ilmiah Dian Ilmu

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View My Stats

 

Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi (STIA) Pembangunan Jember

Jln. Lumba-lumba No. 9 Kelurahan Sempusari, Kecamatan Kaliwates, Kabupaten Jember Kode Pos 68135