RASIO KEUANGAN YANG MEMPENGARUHI PERUBAHAN LABA PERBANKAN DI BURSA EFEK INDONESIA

Nungky Viana Feranita, Kaskojo Adi

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh Quick Ratio, Loan to Deposit Ratio, Total Debt to Equity Ratio, Total Debt to Asset Ratio, Gross Profit Margin dan Net Profit Margin baik secara simultan dan parsial terhadap perubahan laba perbankan serta untuk mengetahui rasio keuangan mana yang mempunyai pengaruh paling besar terhadap perubahan laba perbankan. Sampel dalam penelitian ini adalah 16 perusahaan Perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia selama tahun 2009-2013.

Data yang terkumpul akan diolah dan selanjutnya dianalisis dengan menggunakan regresi linier berganda. Analisis dilakukan melalui pengujian asumsi klasik. Setelah itu menentukan koefisien determinasi (R2) dan pengujian hipotesis dengan tingkat kesalahan 5% baik secara simultan (menggunakan uji statistik F) maupun secara parsial (menggunakan uji statistik t). Pengujian tersebut dilakukan dengan menggunakan bantuan program SPSS  for Windows.

Hasil analisis menunjukan bahwa variabel Quick Ratio, Loan to Deposit Ratio, Total Debt to Equity Ratio, Total Debt to Asset Ratio, Gross Profit Margin dan Net Profit Margin secara simultan tidak berpengaruh signifikan terhadap Perubahan Laba. Secara parsial, hanya variabel Quick Ratio saja yang berpengaruh secara signifikan terhadap Perubahan Laba.



DOI: https://doi.org/10.37849/midi.v16i2.68

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Majalah Ilmiah Dian Ilmu

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View My Stats

 

Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi (STIA) Pembangunan Jember

Jln. Lumba-lumba No. 9 Kelurahan Sempusari, Kecamatan Kaliwates, Kabupaten Jember Kode Pos 68135