PENYUSUNAN DESAIN PROGRAM PENGUATAN KAPASITAS USAHA SKALA MIKRO

Sasongko Sasongko

Abstract


Keberadaan Koperasi dan UMKM selama ini mampu menjadi sumber nafkah masyarakat dan menyerap banyak tenaga kerja meskipun memiliki kontribusi nilai tambah yang relatif lebih kecil daripada usaha skala besar.

Tujuan penelitian  penyusunan desain program penguatan Usaha Mikro ini adalah 1) menyusun rencana strategis desain program penguatan Usaha Mikro tahun 2013-2014; 2) menyusun desain program penguatan usaha mikro, baik dalam bentuk usaha koperasi maupun bentuk perorangan.

Penelitian ini dilaksanakan di 6 (enam)  Kabupaten di Jawa Timur, meliputi Kabupaten Madiun, Kabupaten Ponorogo, Kabupaten Bojonegoro, Kabupaten Lamongan, Kabupaten Malang dan Kabupaten Sidoarjo. Penelitian ini termasuk dalam penelitian survei. Populasi penelitian adalah seluruh usaha mikro yang berada di Propinsi Jawa Timur. Teknik pengambilan sampel dengan stratified cluster random sampling. Data primer diperoleh dari wawancara kepada responden dengan menggunakan kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan  Analisis kebijakan dan Analisis ETAP (Entitas Akuntabilitas publik yaitu model laporan keuangan yang sesuai dengan standar akuntansi yang berlaku yaitu standar akuntansi keuangan entitas tanpa akuntabilitas publik.

Capaian pelaksanaan program penguatan Usaha Mikro tahun 2009-2012 dapat terlaksana baik dengan meningkatnya nilai tambah usaha mikro terhadap PDRB serta tumbuhnya usaha-usaha mikro lainnya. Rencana strategis desain program penguatan Usaha Mikro tahun 2013-2014 diharapkan usaha mikro menjadi lebih berdaya saing dan lebih mandiri dalam berusaha sehingga akan berkelanjutan dan siap tumbuh kembang dengan fasilitasi formalisasi usaha mikro dalam bentuk wadah asosiasi maupun lembaga Koperasi serta membangun kemitraan yang kuat dan pemasaran dengan Konsep SCM. Desain program penguatan usaha mikro berupa Program Pemberdayaan Usaha Produktif berskala mikro dan Program penciptaan iklim usaha mikro.



DOI: https://doi.org/10.37849/midi.v14i2.47

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2015 Majalah Ilmiah Dian Ilmu

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View My Stats

 

Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi (STIA) Pembangunan Jember

Jln. Lumba-lumba No. 9 Kelurahan Sempusari, Kecamatan Kaliwates, Kabupaten Jember Kode Pos 68135