Analisis Strategi Transformasi Bisnis Usaha Mikro Keripik Singkong Berbasis Model Bisnis Canvas

Studi Kasus UMKM Cemimiw, Desa Gunung Malang, Sumberjambe

Authors

  • Indria Dwi Hapsari Universitas dr. Soebandi
  • Melur Tri Swastika Universitas dr. Soebandi
  • Ismatul Hasanah Universitas dr. Soebandi
  • Serlianita Serlianita Universitas dr. Soebandi

DOI:

https://doi.org/10.37849/midi.v25i1.460

Keywords:

Kanvas Model Bisnis, Keripik Pisang, Strategi Pengembangan

Abstract

Dalam rangka mendukung pembuatan dan penyempurnaan strategi bisnis, penelitian ini menekankan penggunaan BMC sebagai dasar untuk membangun dan menilai rencana bisnis. Serta merumuskan upaya transformasi yang tepat untuk mendukung pertumbuhan bisnis. Penelitian ini berfokus pada operasional usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM), Cemimiw Cassava Chips, yang berlokasi di Desa Gunung Malang, Kecamatan Sumberjambe, dengan penekanan pada kegiatan pemasaranPenelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif untuk mengeksplorasi materi pelajaran secara lebih mendalam tentang proses bisnis dan tantangan yang dihadapi oleh pelaku UMKM. Data primer dikumpulkan melalui wawancara terperinci dengan pemilik bisnis dan staf pemasaran, dipilih karena pengetahuan mendalam mereka tentang operasi dan strategi pemasaran perusahaan. Informasi yang diperoleh membantu membangun profil komprehensif perusahaan, yang mencerminkan kapasitas sumber daya dan kinerjanya. Analisis transformasi menggunakan model BMC yang terintegrasi dengan pemetaan empati pelanggan untuk mengidentifikasi peluang strategis. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa strategi transformasi UMKM Cemimiw mengedepankan penguatan segmen nasabah yang dipandang sebagai aset utamanya. Upaya untuk meningkatkan proposisi nilai dilakukan melalui layanan yang lebih personal dan penggunaan platform media sosial untuk meningkatkan saluran distribusi dan keterlibatan pelanggan.

References

Affandi, Indriani, I. (2015). Strategi Pemasaran Berdasarkan Perilaku Pembelian Keripik Singkong Di Kota Metro. *Jurnal Ilmu-Ilmu Agribisnis*. [https://doi.org/https://doi.org/10.23960/jiia.v3i2](https://doi.org/https://doi.org/10.23960/jiia.v3i2)

Armstrong, K. (2018). *Kotler & Armstrong, Principles of Marketing*. Pearson. In Pearson.

Carter, C. (2020). The Creative Business Model Canvas. *Social Enterprise Journal*. [https://doi.org/10.1108/SEJ-03-2019-0018](https://doi.org/10.1108/SEJ-03-2019-0018)

David. (2011). *Strategic Management: Concepts and Cases* (S. Yagan, Ed.). Prentice Hall.

Frick, J., & Ali, M. M. (2013). Business Model Canvas as Tool for SME (pp. 142–149). *IFIP Advances in Information and Communication Technology*. [https://doi.org/10.1007/978-3-642-41263-9_18](https://doi.org/10.1007/978-3-642-41263-9_18)

Iqbal, S. (n.d.). ANALISIS PERANCANGAN MODEL BISNIS DENGAN PENDEKATAN BUSINESS MODEL CANVAS (Studi pada Usaha Kecil Menengah UD. Duta Merpati). *Jurnal Administrasi Bisnis*.

Islam, Keawchana, Yusuf, C. (2011). Factors affecting business success of small & medium enterprises (SMEs) in Thailand. *Asian Social Science*. [https://doi.org/10.5539/ass.v7n5p180](https://doi.org/10.5539/ass.v7n5p180)

Keane, S. F., Cormican, K. T., & Sheahan, J. N. (2018). Comparing how entrepreneurs and managers represent the elements of the business model canvas. *Journal of Business Venturing Insights, 9*, 65–74. [https://doi.org/10.1016/j.jbvi.2018.02.004](https://doi.org/10.1016/j.jbvi.2018.02.004)

Ladd, T. (2018). Does the business model canvas drive venture success? *Journal of Research in Marketing and Entrepreneurship, 20*(1), 57–69. [https://doi.org/10.1108/JRME-11-2016-0046](https://doi.org/10.1108/JRME-11-2016-0046)

Li, H.-H. J., & Tan, K. H. (2004). SMEs’ business growth model: a medium to big effort. *International Journal of Management and Enterprise Development, 1*(3), 195. [https://doi.org/10.1504/IJMED.2004.004520](https://doi.org/10.1504/IJMED.2004.004520)

Martiman. (2014). Strategi Pemasaran Barang dan Jasa Perusahaan Melalui Media Iklan. *Jurnal Ilmiah Widya*.

Muni, P. (2019). Business Model Canvas. In *Strategic Decisions* (pp. 128–131). Cambridge University Press. [https://doi.org/10.1017/9781108665797.026](https://doi.org/10.1017/9781108665797.026)

Murray, A., & Scuotto, V. (2016). The Business Model Canvas. *Symphonya. Emerging Issues in Management*, 94–109. [https://doi.org/10.4468/2015.3.13murray.scuotto](https://doi.org/10.4468/2015.3.13murray.scuotto)

Nopianti, Ambaria, M. (2019). Business development strategy with business model canvas approach at Pakdhe Mie chicken shop-Cimanggis. *International Journal of Scientific and Technology Research, 8*(2).

O’Neill, T. W. (2015). The business model canvas as a platform for business information literacy instruction. *Reference Services Review, 43*(3), 450–460. [https://doi.org/10.1108/RSR-02-2015-0013](https://doi.org/10.1108/RSR-02-2015-0013)

Osterwalder. (2010). *Business Model Canvas: nine business model building blocks*.

Rukka. (2011). *Buku Ajar Kewirausahaan*. Lembaga Kajian dan Pengembangan Pendidikan (LKPP) Universitas Hasanuddin.

Scarborough, Z. (2008). *Kewirausahaan dan Manajemen Usaha Kecil*. Salemba Empat.

Sugiyono. (2018). *Metode penelitian kuatintatif, kualitatif dan R & D*. Alfabeta.

Tanev, Weiss, Rasmussen, B. (2016). Lost in the canvases: Managing uncertainty in lean global startups. In *ISPIM Innovation Forum*. The International Society for Professional Innovation Management.

Tayibnapis, Setyaningrum, H. (2016). STRATEGI PENGEMBANGAN UKM BERBASIS INOVASI DI PROVINSI JAWA TIMUR: PERIODE 2010-2014. *Jurnal Ekonomi Dan Bisnis*. [https://doi.org/10.24123/jeb.v20i2.1599](https://doi.org/10.24123/jeb.v20i2.1599)

Downloads

Published

2025-10-30