Pengaruh Promosi, Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada UMKM Mie Mentah Manunggal Jaya Kecamatan Jenggawah Kabupaten Jember
DOI:
https://doi.org/10.37849/midi.v25i1.444Keywords:
Promotion, Product Quality, Service Quality, Customer Satisfaction, UMKMAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh persaingan ketat dalam industri makanan, khususnya sektor mie mentah yang menuntut UMKM untuk dapat mempertahankan kepuasan pelanggan sebagai kunci keberlangsungan usaha. Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh promosi, kualitas produk dan kualitas pelayanan teerhadap kepuasan pelanggan pada UMKM Mie Mentah Manunggal Jaya Kecamatan Jenggawah, Kabupaten Jember. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan populasi sebanyak 166 pelanggan dan sampel sebanyak 62 responden yang dipilih dengan menggunakan teknik purposive sampling. Metode analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda dengan bantuan Statistical Product and Service Solutions (SPSS) versi 25, dilengkapi dengan uji validitas, reliabilitas, uji asumsi klasik, serta uji t dan uji F. Hasil penelitian menunjukkan bahwa promosi dan kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan secara parsial terhadap kepuasan pelanggan, sedangkan kualitas pelayanan tidak berpengaruh signifikan secara parsial. Namun demikian, secara simultan ketiga variabel tersebut secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Temuan ini menunjukkan bahwa promosi yang efektif dan konsisten dalam menjaga kualitas produk merupakan faktor kunci dalam meningkatkan kepuasan pelanggan pada UMKM mie mentah. Penelitian ini memberikan kontribusi praktis dalam merumuskan strategi pemasaran dan pengembangan produk bagi UMKM serupa di sektor makanan.
References
Adwimurti, Y. (2023). Pengaruh Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Dengan Kualitas Produk Sebagai Variabel Moderasi. 3(1), 74–90.
Afrilliana, N. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan Grab di Kota Palembang. Jurnal Nasional Manajemen Pemasaran & SDM, 46–56.
Amelia, D., R, K., Simatupang, N., Sinuraya, B. J., & Rahmat. (2021). PENGARUH HARGA. CITRA MEREK DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PT. JNE CABANG MEDAN. 11–24.
Ani, J., Lumanauw, B., & Tampenawas, J. L. A. (2021). PENGARUH CITRA MEREK, PROMOSI DAN KUALITAS LAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PADA E-COMMERCE TOKOPEDIA DI KOTA MANADO. Jurnal EMBA, 663–674.
Belviyanto, R., Haryati, R., &Sunreni. (2023). Pengaruh Promosi, Kualitas Pelayanan dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen pada Cafe Iconix Grill end Suki Padang. EKASAKTI MATUA JURNAL MANAJEMEN, 302–310.
Darma, B. (2021). Statistika Penelitian Menggunakan SPSS (Uji Validitas, Uji Reliabilitas, Regresi Linier Sederhana, Regresi Linier Berganda, Ujit, Uji F. R2). Guepedia.
Estamarinda, E., Akila, & Sinarti, T. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan pada Hompizz Pizza Palembang. (Tidak Disebutkan).
Fahrizal, M., Hadita, Komariah, N. S., Faeni, D. P., & Hendayana, Y. (2024). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kualitas Produk terhadap Keuasan Pelanggan Melalui Word of Mouth Pada UMKM Bakso Perintis Bogor. Jurnal Manajemen Bisnis Era Digital, 201–215.
Hidayat, A., Lesmana, S., & Latifah, Z. (2022). PERAN UMKM (USAHA MIKRO, KECIL, MENENGAH) DALAM PEMBANGUNAN EKONOMI NASIONAL. Jurnal Inovasi Penelitian, 6707–6714.
Ilhamsyah, D., & Purwanti. (2024). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN PROMOSI TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA SATUANG COFFE SHOP DI BANJAR WIJAYA CIPONDOH KOTA TANGERANG. JORAPI: Journal of Research and Publication Innovation, 1459–1472.
Keuangan, K. (2024). Mendorong Pertumbuhan Ekonomi lewat KUR dan Insentif UMKM (pp. 1–2).
Khairunnisa, T., Yulia, & Atmaja, E. J. J. (2023). PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP KEPUTUSAN KONSUMEN DALAM PEMBELIAN PRODUK TAHU (STUDI KASUS: UMKM RUMAH TAHU KABUPATEN BANGKA BARAT). Jurnal Ekonomi Pertanian Dan Agribisnis (JEPA), 820–832.
Kiswandi, F. R. P., Setiawan, M. C., & Ghifari, M. A. (2023). Peran UMKM (Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah) Terhadap Pertumbuhan Perekonomian Indonesia. Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Manajemen, 154–162.
Lumempow, K. R., Worang, F. G., & Gunawan, E. (2023). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, FASILITAS DAN HARGA TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA SWISS BELHOTEL MALEOSAN MANADO. Jurnal EMBA, 1–11.
Maharani, C. S., & T., I. (2024). Pengaruh Citra Merek, Promosi, dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Produk Umkm Bumbu Rujak Manis Cak Mimin. Jurnal Ilmiah Respati, 94–115.
Mamonto, F. W., Tumbuan, W. J. F. A., & Rogi, M. H. (2024). ANALISIS FAKTOR-FAKTOR BAURAN PEMASARAN (4P) TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA RUMAH MAKAN PODOMORO POIGAR DI ERA NORMAL BARU. Jurnal EMBA, 110–121.
Masili, V., Lumanauw, B., & Tielung, M. V. J. (2022). KEPUASAN PELANGGAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA USAHA TOKO THE EFFECT OF SERVICE ON CUSTOMER LOYALTY WITH CUSTOMER SATISFACTION AS AN INTERVENING VARIABLE AT MENTARI ’ S STORE BUSINESS IN SEA VILLAGE , PINELENG DISTRICT , MINAHASA REGENCY Oleh : 123J. 10(4), 44–51.
Maulidio, R., & Dwiastanti, A. (2022). PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN HARGA TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN PADA AMSTIRDAM COFFEE DI MALANG. Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial, 600–610.
Meutia, R. H. M. (2020). Pengaruh Promosi, Kualitas Produk, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Karyawan PT Bintang Indokarya Gemilang sebagai Pengguna Shopee. Jurnal Al Azhar Indonesia Seri Ilmu Sosial, 141–153.
Mumtaza, F. A., & Millanyani, H. (2023). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA URBANS TRAVEL. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, Dan Akuntansi), 1645–1661.
Nurhayati, Y., Fachri, S., & Kahpi, H. S. (2023). PENGARUH HARGA DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN DI LOTTE GROSIR SERANG. Service Management Triangle: Jurnal Manajemen Jasa, 79–86.
Prakoso, F. M., Purnomo, S., & Rahmawati, E. D. (2023). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Rumah Makan Bakso Dan Mie Ayam Di Wilayah Kartasura. Jurnal Riset Ilmu Manajemen Dan Kewirausahaan, 84–96.
Rohwiyati, & Sulistya. (2022). Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Pada Marketplace Shopee. Jurnal Akuntansi Dan Manajemen Mutiara Madani, 158–169.
Sabilillah, M., Sitompul, P. S., Narwastu, R., & Shadrina, N. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Produk terhadap Kepuasan Pelanggan Toko Buah Risman di Pasar MMTC Medan. Jurnal Bisnis, Manajemen Dan Ekonomi, 440–451.
Setiyani, U., & Maskur, A. (2022). PENGARUH PRESERPSI HARGA, KUALITAS PELAYANAN, ATMOSPHERE CAFE TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 702–709.
Siregar, S. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif Dilengkapi dengan Perbandingan Perhitungan Manual & SPSS (4th ed.). KENCANA.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D (Cetakan ke). ALFABETA.
Widodo, S. (2021). PENGARUH KUALITAS PRODUK, KUALITAS PELAYANAN DAN HARGA TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN MOLIVIA CAFE (Studi Kasus Pada Konsumen Molivia Cafe, Jalan H.M. Joni, Teladan Timur, Kota Medan). Jurnal Manajemen Tools, 101–122.
Yulistria, R., Rosento, Handayani, E. P., Susilowati, I. H., & Aulia, S. (2023). Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada PT Mitra Bangun Perwira. JURNAL SWABUMI, 13–22.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Qurotul Aini, Pudhak Prasetiyorini, David Kristian Susilo

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.



