Pengaruh Iklan Youtube Terhadap Kesadaran Merek Dampaknya Terhadap Minat Beli Mahasiswa Kabupaten Jember

Authors

  • Fitrianti Dwi Putri Shona Universitas PGRI Argopuro Jember
  • David K Susilo Universitas PGRI Argopuro Jember
  • Arie Eko Cahyono Universitas PGRI Argopuro Jember

DOI:

https://doi.org/10.37849/midi.v23i2.382

Keywords:

iklan youtube, kesadaran merek, minat beli

Abstract

Iklan youtube bagi para e-commerce sangat membantu untuk meningkatkan penjualan. Namun disisi lain, dari adanya iklan youtube tersebut masih dinggap sangat mengganggu pengguna youtube dalam menonton video. Sehingga hal ini menimbulkan kurangnya kesadaran merek akan minat beli mahasiswa di Kabupaten Jember. Tujuan peneletian ini guna mengetahui pengaruh iklan youtube terhadap kesadaran merek dan dampaknya terhadap minat beli mahasiswa Kabupaten Jember. Pada penelitian ini terdapat populasi yaitu mahasiswa di Kabupaten Jember yang melihat iklan youtube dan sampel sebanyak 97 mahasiswa di Kabupaten Jember. Metode yang diterapkan dari penelitian ini yakni kuantitatif dengan pendekatan survei kuantitatif. Penelitian ini menunjukan hasil bahwa nilai uji t yang diperoleh yakni nilai t-hitung > t-tabel (3,463>1,666) dengan nilai taraf signifikansi 0,001< 0,05 maka pada variabel iklan youtube berpengaruh signifikan secara parsial pada minat beli. Sedangkan pada variabel kesadaran merek yang diperoleh nilai t-hitung > t-tabel (3,488>1,666) dengan nilai taraf signifikansi 0,001< 0,05 maka pada variabel kesadaran merek berpengaruh signifikan secara parsial pada minat beli. Untuk variabel iklan youtube dan kesadaran merek nila F-hitung > dari F-tabel (16,980>3,90) dengan nilai taraf signifikansi 0,000>0,05, oleh sebab itu pada variabel iklan youtube dan kesadaran merek bepengaruh signifikan secara simultan tpada minat beli mahasiswa Kabupaten Jember.

References

A. Shimp, T. (2014). Komunikasi Pemasaran Terpadu dalam Periklanan dan Promosi. Salemba Empat.

Hardianto, R. D. (2017). Pengaruh Iklan Di Media Sosial Youtube Terhadap Minat Beli (Studi Kasus Pada Mahasiswa Uksw Pengguna Media Sosial Youtube). 1—39.

Intansari, M. ., & Muslichah. (2022). Faktor-faktor yang Melatarbelakangi Minat Beli pada Kosmetik Ramah Lingkungan di Indonesia. Selekta Manajemen: Jurnal Bisnis & Manajemen.

Kertamukti, R. (2017). STRATEGI KREATIF dalam PERIKLANAN : Konsep Pesan, Media, Brandingn Anggaran (kedua). PT Raja Grafindo Persada.

Kotler, P., & Keller, kevin lane. (2016). A framework for marketing management. 23, 1990.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2009). Manajmen Pemasaran, terjemah Bob Sabran (S. . Adi Maulana & M. . Wibi Hardani (eds.)). Erlangga.

Kristiyono, Y. R., Pratama, T., & Siahaan, J. (2023). The sensational impact of YouTube advertising on purchase intentions based on boosting e-commerce sales in Jabodetabek. Jurnal Manajemen Dan Pemasaran Jasa, 16(1), 79—96. http://dx.doi.org/10.25105/jmpj.v16i1.15376

Maskuri, muh ali, Ergo, nurpatria kurniawan, Mursida, kusuma wardani, & Meli, A. (2019). Kepercayaan, Kemudahan Prnggunaan dan Electronic Word of Mouth Terhadap Minat Beli Online. Jurnal Manajemen Kewirausahaan.

Prasetyo, B. D., Febriani, N. S., Asmara, W. W., Tamitiadini, D. D., Destrity, N. A., Avina, D. A. A., & Ill, A. K. (2018). Komunikasi Pemasaran Terpadu. UB Press.

Siahaan, H. D., & Yuliati, A. L. (2016). Pengaruh Tingkat Brand Awareness Terhadap Keputusan Pembelian Produk Victoria’s Secret (Studi Pada Konsumen Victoria’s Se cret di PVJ Bandung ). E-Proceeding of Management, 3(1), 497—505. https://openlibrarypublications.telkomuniversity.ac.id/index.php/management/article/view/3193

Wisafitri, S. (2022). Pengaruh Iklan Youtube Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Marketplace Shopee (Studi Pengguna Shopee Masyarakat Kota Pekanbaru). https://repository.uir.ac.id/14290/%0Ahttps://repository.uir.ac.id/14290/1/185210699.pdf

Y, Y., & Ana. (2022). Pengaruh YouTube Advertising Terhadap Keputusan Pembelian Smarphone Samsung Dengan Brand Awareness Sebagai Variabel Mediasi Dalam Perspektif Etika Bisnis Isalam. 8.5.2017, 2003—2005.

Yunita, D., Nazaruddin, A., & Nailis, W. (2019). Pengaruh Youtube Advertising terhadap Brand Awareness dan Purchase Intention. Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan, 7(1), 36—46. https://doi.org/10.26905/jmdk.v7i1.2538

Zailifiah Arinil Haq. (2022). … Iklan E-commerce Shopee di Youtube Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa (Studi Kasus pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Khas Jember). http://digilib.uinkhas.ac.id/12231/

Published

2024-06-30