PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN (STUDI KASUS DI DINAS PASAR AMBULU, KECAMATAN AMBULU, KABUPATEN JEMBER)

Sutrisno RS

Abstract


Studi ini perlu dilakukan dalam rangka dapat memberikan manfaat
sebagai sumbangan pemikiran kepada instansi pemerintah penyedia layanan
kesehatan dalam upaya peningkatan pelayanan kepada konsumen (pedagang),
memberikan pertimbangan bagi pihak manajemen dalam pengambilan
keputusan tentang hubungan perbaikan kinerja pelayanan di Dinas Pasar
Ambulu Kabupaten Jember.
Penelitian dilaksanakan pada Dinas Pasar Ambulu. Data di kumpulkan
dengan metode kuisioner, yang di susun dalam skala likert. Setelah data
terkumpul selanjutnya di analaisis dengan korelasi product moment dengan
menggunakan program SPSS 17.  
Hasil penelitian menunjukan bahwa ada pengaruh antara kualitas
pelayanan terhadap kepuasan pelanggan. Hal ini berdasarkan nilai rs –hitung
(0,878) yang lebih besar dibanding dengan rs – tabel untuk N= 30 dengan taraf
signifikansi 5% adalah 0,306). Ternyata pengaruh kualitas pelayanan yang
diberikan oleh petugas pasar terhadap tingkat kepuasan pelanggan juga sangat
meyakinkan.



DOI: https://doi.org/10.37849/midi.v12i2.27

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2013 Majalah Ilmiah Dian Ilmu

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View My Stats

 

Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi (STIA) Pembangunan Jember

Jln. Lumba-lumba No. 9 Kelurahan Sempusari, Kecamatan Kaliwates, Kabupaten Jember Kode Pos 68135