Analisis Penjualan Personal sebagai Bauran Promosi di Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus pada CV Al-Maidah Wringintelu)

Dwi Ratnasari, Sampir Andrean Sukoco

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis  penerapan penjualan personal sebagai bauran promosi di masa pandemi Covid-19. Penjualan personal adalah interaksi antar individu, saling bertatap muka yang ditujukan untuk menciptakan, memperbaiki, menguasai atau mempertahankan hubungan pertukaran yang saling menguntungkan dengan pihak lain. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik penentuan informan menggunakan metode purposive, informan untuk penelitian ini dipilih peneliti karena memiliki kompetensi di bidangnya. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Metode analisis data mencakup kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa penjualan personal yang dilakukan oleh CV Al-Maidah Wringintelu sebelum dan selama pandemi Covid-19 melalui tahapan-tahapan, diantaranya memilih dan menilai prospek, pra pendekatan, pendekatan, presentasi/demonstrasi, mengatasi keberatan, penutupan, dan tindak lanjut. Namun di masa pandemi Covid-19 pelaksanaan tahapan kurang maksimal, sehingga promosi yang dilakukan melalui penjualan personal ini tidak efektif karena tidak dapat meningkatkan penjualan.


Keywords


Penjualan Personal; Bauran Promosi

Full Text:

PDF

References


Alma, Buchari. 2018. Manajemen Pemasaran & Pemasaran Jasa. REVISI, Bandung: CV ALFABETA.

Assauri, Sofyan. 2004. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Rajawali Press.

Basu, Swastha, dan Irawan. 2008. Manajemen Pemasaran Modern. Jakarta: Liberty.

Boone, Louis E dan Kurtz, David L. 2002. Pengantar Bisnis. Jilid ke-

Terjemahan Anwar Fadriansyah. Jakarta.Penerbit Erlangga.

Freddy, Rangkuti. 2009. Strategi Promosi Yang Kreatif Dan Analisis Kasus Integrated Marketing Communications. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Hermawan, Agus. 2012. Komunikasi Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Khasanah, Mega Alfiyah, Dhiyan Septa Wihara dan Amat Pitu Batu. 2020. Implementasi Strateg Promosi Penjualan Dalam Perspektif Integrated Marketing Communication (IMC) Pada Produk Sampoerna Di Masa Pandemi COVID-19 (Studi Kasus Pada Sampoerna Retail Community (SRC) Hikmah Mart Rayon Ngancar Kediri). Jurnal Ilmiah Mahasiswa. Vol 5(2):1051-45.

Kotler, Philip, dan Armstrong, Gary. 2006. Dasar-Dasar Pemasaran. Indonesia, Jakarta: Prenhallindo.

Kotler, Philip, dan Keller, Kevin Lane. 2008. Manajemen Pemasaran. Edited by Adi Maulana adan yayat Sri Hayati,

Erlangga.

Kotler, Philip. 2000. Manajemen Pemasaran. Jakarta: PT Indeks Gramedia.

Machfoedz, Mahmud. 2010. Komunikasi Pemasaran Modern. Yogyakarta: Cakra Ilmu.

Prahalad, Umar. 2001. Strategic Management in Action, Konsep, Teori, Dan Teknik Menganalisis Manajemen Strategis Strategic Business Unit Berdasarkan Konsep Michael R. Porter, Fred.

R. David, Dan Wheelen Hunger. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Priansa, Donni Juni. 2017. Komunikasi Pemasaran Terpadu. 1st ed., Bandung: CV PUSTAKA SETIA.

Sukoco, Sampir Andrean. 2018. New Komunikasi Pemasaran Teori Dan Aplikasinya. Jawa Timur: CV. Pustaka Abadi.

Sunyoto, Danang. 2012 Dasar-Dasar Manajemen Pemasaran (Konsep,Strategi Dan Kasus). Jakarta: PT Buku Seru.

Tjiptono, Fandy. 2006. Strategi Pemasaran. Yogyakarta.

Wahyuni, Alida. 2015. Pengaruh Bauran Promosi, Persepsi Harga Dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Dan Kepuasan Konsumen Pada Perumahan Tamansari Metropolitan Jurnal Ilmiah Mahasiswa. Vol 3(2):1073–85.




DOI: https://doi.org/10.37849/midi.v21i1.250

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Majalah Ilmiah Dian Ilmu

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View My Stats

 

Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi (STIA) Pembangunan Jember

Jln. Lumba-lumba No. 9 Kelurahan Sempusari, Kecamatan Kaliwates, Kabupaten Jember Kode Pos 68135