PENGARUH KUALITAS PELAYANAN PEMERINTAHAN DESA TERHADAP TINGKAT KEPUASAN MASYARAKAT DALAM PEMBUATAN KARTU KELUARGA DI KECAMATAN AMBULU KABUPATEN JEMBER

Siti Husnul Hotima

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah “Untuk mengetahui sejauh mana pengaruh
kualitas pelayanan pemerintahan desa terhadap tingkat kepuasan masyarakat
dalam pembuatan kartu keluarga di  Kecamatan Ambulu Kabupaten Jember”.
Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dan analitikkuantitatif. Lokasi
penelitian dilakukan di wilayah Pemerintahan Desa Ambulu Kecamatan
Ambulu Kabupaten Jember bagian Selatan.Populasi dalam penelitian ini
adalah seluruh kepala keluarga di Desa Ambulu Kecamatan Ambulu
Kabupaten Jember bagian Selatan yaitu 4626 kepala keluarga. Penentuan
sampel dalam penelitian ini menggunakan rumus yang dikembangkan oleh
Slovin dalam Umar (2004:107) yaitu 40 kepala keluarga.Analisis data
menggunakan analisis Korelasi Pearson Product Moment, sedangkan kriteria
pengambilan keputusannya dapat dilihat dari besarnya koefisien korelasi
setelah dilakukan perhitungan menggunakan SPSS 16 for Windows adalah -1≤
r ≤ 1.
Berdasarkan pada analisis data dengan menggunakan analisis Rank
Spearmans menunjukkan bahwa Ha diterima yang artinya ada pengaruh
antara kualitas pelayanan terhadap kepuasan masyarakat. Berdasarkan hasil
perhitungan t test untuk korelasi rs antara variabel kualitas pelayanan (X)
terhadap tingkat kepuasan (Y)menunjukkan bahwa ada pengaruh yang kuat
antara variabel kualitas pelayanan terhadap tingkat kepuasan masyarakat.



DOI: https://doi.org/10.37849/midi.v12i2.24

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2013 Majalah Ilmiah Dian Ilmu

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View My Stats

 

Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi (STIA) Pembangunan Jember

Jln. Lumba-lumba No. 9 Kelurahan Sempusari, Kecamatan Kaliwates, Kabupaten Jember Kode Pos 68135