Peranan Kepemimpinan Kepala Desa Perempuan Dalam Pemberdayaan Masyarakat Di Desa Sidorejo Kecamatan Umbulsari Kabupaten Jember

Nur Aini Mayasiana, Nur Hofia

Abstract


Posisi pemimpin dalam suatu organisasi memiliki peran yang sangat penting. Jabatan sebagai kepala desa diperlukan untuk membantu pemerintah daerah dalam menangani permasalahan yang terdapat di suatu desa, memecahkan berbagai persoalan yang terjadi dalam masyarakat desa, serta mengkoordinasikan seluruh kepentingan masyarakat desa dalam setiap pengambilan keputusan. Mengembangkan potensi desa tentu membutuhkan strategi dan kemampuan yang mumpuni oleh seorang pemimpin agar desa yang dipimpin semakin lebih baik ke depan. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan bagaimana peran pemimpinan desa perempuan dalam memberdayakan masyarakat Desa desa Sidorejo  kecamatan Umbulsari kabupaten  Jember. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peran pemimpinan kepala desa perempuan dalam pemberdayaan masyarakat. Fokus penelitian adalah bagaimana peranan kepemimpinan Kepala Desa perempuan dalam pemberdayaan masyarakat. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adanya pengaruh karakteristik pekerjaan dengan kepemimpinan perempuan. Secara umum kepemimpinan yang digunakan oleh kepala desa perempuan desa Sidorejo adalah kepemimpinan demokratis. Kepala desa menjalankan perannya dengan baik, sebagaimana yang dapat disimpulkan bahwa peranan kepala desa dalam pemberdayaan masyarakat di desa sidorejo ada 2 yaitu pembangunan fisik dan pembangunan non fisik. Peranan kepala desa Sidorejo dilihat dari berbagai indikator sebagai berikut: peranan kepala desa dalam pembinaan masyarakat, peranan kepala desa dalam mengkoordinasi pembangunan secara partisipasif. Kepala desa berperan aktif dalam setiap kegiatan warga. Warga banyak dilibatkan dalam pembangunan desa. Meningkatkan keterlibatan masyarakat tidak hanya sebagai obyek dan pelaku dalam pemberdayaan masyarakat, tetapi juga melibatkan masyarakat dalam pembangunan desa.

Keywords


Kepemimpinan Perempuan, Kepala Desa, Pemberdayaan

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta

Darwis, M., & Rantika, M. (2018). Konsep Integrasi Keilmuan dalam Perspektif Pemikiran Imam Suprayogo. Fitra, 4(1).

Hartanto, I. (2014). Pengaruh gaya kepemimpinan transaksional terhadap kinerja karyawan dengan kepuasan kerja sebagai variabel intervening pada CV. Timur Jaya. Agora, 2(2), 979-983.

Jenita, J. (2015). Menciptakan Pimpinan Yang Handal Dalam Meningkatkan Kinerja Karyawan. Jurnal Daya Saing, 1(3), 214-230

Kurniawan, A. E. (2016). Peranan Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) dalam Peningkatan Pendapatan Asli Desa (Desa Lanjut Kecamatan Singkep Pesisir Kabupaten Lingga Tahun2015). Jurnal]. Universitas Maritim Raja Ali Haji. TanjungPinang.

Mahmud, Y., Gosal, R., & Kairupan, J. (2019). Pemanfaatan Alokasi Dana Desa Dalam Pemberdayaan Masyarakat Desa Huwango Kecamatan Biluhu Kabupaten Gorontalo. Jurnal Eksekutif, 3(3).

Maulana, A., & Sumarji, S. (2020). Kampung Wisata Ekologis (Kwe) Puspa Jagad Sebagai Desa Wisata (Ditinjau dari Aspek Manajemen Sumber Daya Manusia). REVITALISASI: Jurnal Ilmu Manajemen, 9(2), 127-140

Mewengkang, L., Mandey, J., & Ruru, J. M. (2017). Peranan Kepemimpinan Perempuan dalam Jabatan Publik (Studi pada Kantor Sekretariat Daerah Kabupaten Minahasa Selatan). JURNAL ADMINISTRASIPUBLIK, 2(044).

Moleong, Lexy. 2006. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosda Karya Bandung.

Parjadinata, L., & Surati, D. P. B. S. (2020). Pengaruh Struktur Organisasi, Kepemimpinan Dan Kompetensi Pegawai Terhadap Efektivitas Pelayanan Program One Day Service Di Kantor Pertanahan Kota Mataram. Jurnal Magister Manajemen Universitas Mataram

Ruriani, E., Nafi, A., Yulianti, L. D., & Subagio, A. (2013). Identifikasi potensi MOCAF (Modified Cassava Flour) sebagai bahan pensubstitusi teknis terigu pada industri kecil dan menengah di Jawa Timur (Potency Identification of MOCAF (Modified Cassava Flour) as technical substitution of wheat flour in small and medium enterprises in East Java). Jurnal Pangan, 22(3), 229-240.

Sugiyono. 2012. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta Bandung.




DOI: https://doi.org/10.37849/midi.v21i1.239

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Majalah Ilmiah Dian Ilmu

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View My Stats

 

Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi (STIA) Pembangunan Jember

Jln. Lumba-lumba No. 9 Kelurahan Sempusari, Kecamatan Kaliwates, Kabupaten Jember Kode Pos 68135