PENGARUH PEMBERIAN BANTUAN DANA BAGIAN KESEJAHTERAAN RAKYAT SEKRETARIAT KABUPATEN JEMBER TERHADAP PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN PONDOK PESANTREN

Budhy Handoyo

Abstract


           Pendidikan merupakan suatu proses di dalam menemukan transformasi baik dalam diri, maupun komunitas. Oleh sebab itu  proses pendidikan yang benar adalah membebaskan  seseorang dari berbagai kungkungan, intimidasi, dan ekploitasi. Disinilah letak afinitas dari pedagogik, yaitu membebaskan manusia secara konprehensif dari ikatan-ikatan yang  terdapat diluar dirinya atau dikatakan sebagai sesuatu yang mengikat kebebasan seseorang.
          “Hal ini terjadi jika pendidikan dijadikan instrumen oleh sistem penguasa yang ada hanya untuk mengungkung kebebasan individu. Secara sistematis pendidikan yang ada di Indonesia adalah sebagian kecil yang terdesain dan terorganisir oleh bingkai sistem.
           Gambaran sistem semacam itu merupakan bentuk pemaksaan kehendak dan
merampas kebebasan individu, kesadaran potensi, beserta kreativitas. Maka pendidikan telah berubah menjadi instrumen oppressive bagi perkembangan individu atau komunitas masyarakat”.  (Tilaar, 2004).

Maka dari pada itu, pendidikan adalah merupakan elemen yang sangat signifikan
dalam menjalani kehidupan. Karena dari sepanjang perjalanan manusia pendidikan
merupakan barometer untuk mencapai maturasi nilai-nilai kehidupan. Ketika melihat dari salah satu aspek tujuan pendidikan nasional sebagai mana yang tercantum dalam Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, yaitu tentang membentuk manusia yang berbudi pekerti luhur melalui proses pembentukan kepribadian, kemandirian dan norma-norma tentang baik dan buruk.  Sedangkan menurut Widagdho (2001:8), manusia sebagai makhluk pengemban etika yang telah dikaruniai akal dan budi. Dengan demikian, adanya akal dan budi menyebabkan manusia memiliki cara dan pola hidup yang multidimensi, yakni kehidupan yang bersifat material dan bersifat spritual.
Begitu pentingnya pendidikan bagi setiap manusia, karena tanpa adanya pendidikan
sangat mustahil suatu komunitas manusia dapat hidup berkembang sejalan dengan cita-citanya untuk maju, mengalami perubahan, sejahtera dan bahagia sebagaimana pandangan hidup mereka. Semakin tinggi cita-cita manusia semakin menuntut peningkatan mutu pendidikan sebagai sarana pencapaiannya.          




DOI: https://doi.org/10.37849/midi.v12i2.23

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2013 Majalah Ilmiah Dian Ilmu

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View My Stats

 

Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi (STIA) Pembangunan Jember

Jln. Lumba-lumba No. 9 Kelurahan Sempusari, Kecamatan Kaliwates, Kabupaten Jember Kode Pos 68135