Determinan Kinerja Pemasaran Industri Handycraft Desa Tutul Balung

Nungky Viana Feranita, Ach. Choirur Roziqin

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh orientasi pasar, orientasi kewirausahaan, dan inovasi produk terhadap kinerja pemasaran. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan explanatory (sebab akibat). Populasi dalam penelitian ini adalah industri handycraft di Desa Tutul Kecamatan Balung Kabupaten Jember sebesar 245 industri. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik random sampling. Dengan menggunakan rumus Slovin diperoleh jumlah sampel sebanyak 72 industri. Metode analisis adalah analisis regresi linier berganda dengan menggunakan software IBM SPSS 22. Secara keseluruhan, empat hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini terdapat tiga hipotesis diterima dan satu hipotesis ditolak. Hasil pengujian secara simultan menunjukkan bahwa orientasi pasar, orientasi kewirausahaan, dan inovasi produk berpengaruh terhadap kinerja pemasaran dengan nilai signifikansi 0,000. Hasil pengujian secara parsial menunjukkan bahwa orientasi pasar dan orientasi kewirausahaan berpengaruh terhadap kinerja pemasaran dengan nilai signifikansi masing-masing sebesar 0,000. Sedangkan inovasi produk berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap kinerja pemasaran dengan nilai signifikansi 0,099.

Keywords


Orientasi Pasar, Orientasi Kewirausahaan, Inovasi Produk, Kinerja Pemasaran, Industri Handycraft

Full Text:

PDF

References


David, F. R. 2013. Manajemen Strategis Konsep. Jakarta: Salemba Empat.

Ferdinand, A. T. 2000. Manajemen Pemasaran: Sebuah Pendekatan Stratejik. Research Paper Series 1, hal: 1-55.

Geertz, C. 1977. Penjaja dan Raja. Jakarta: PT. Gramedia.

Herlambang, G. & Mawardi, M. K. 2017 Pengaruh Orientasi Pasar dan Inovasi Produk terhadap Kinerja UKM (Studi pada Sentra UKM Meubel di RW 01 dan RW 02, Kelurahan Tunjungsekar, Kecamatan Lowokwaru, Kota Malang). Jurnal Administrasi Bisnis Universitas Brawijaya, Vol. 49 No. 2, hal: 56-62.

Hurley, R. F. & Hult, G. T. M. 1998. Innovation, Market Orientation, and Organizational Learning: An Integration and Empirical Examination. Journal of Marketing, Vol. 62 No. 3, p: 42-54.

Jayaningrum, E. & Sanawiri, B. 2018. Pengaruh Orientasi Pasar, Inovasi, Orientasi Kewirausahaan terhadap Keunggulan Bersaing dan Kinerja Pemasaran (Studi pada Kuliner Kafe kota Malang). Jurnal Administrasi Bisnis Universitas Brawijaya, Vol. 54 No. 1, hal: 149-158.

Kohli, A. K. & Jaworski, B. J. 1990. Market orientation: The construct, research propositions and managerial implications. Journal of Marketing. 54: 1-18.

Kotler, P. & Armstrong, G. 2008. Prinsip-prinsip Pemasaran Jilid 2. Edisi Keduabelas. Jakarta: Erlangga.

Kotler, P. & Keller, K. 2009. Manajemen Pemasaran Jilid 2. Edisi Ketigabelas. Jakarta: Erlangga.

Lumpkin, G. T. & Dess, G. G. 1996. Clarifying the Entrepreneurial Orientation Construct and Linking it to Performance. Academy of Management Review, Vol. 21 No. 1, p: 135-172.

Muslikh, Byarwati, A. & Hidayati, R. 2017. Upaya Meningkatkan Kinerja Pemasaran Produk UMKM di Kampung Wisata Tegalwaru Kabupaten Bogor. Prosiding Seminar Nasional & Call for Paper (SCA 2016), hal: 268-276.

Narver, J. C. & Slater, S. F. 1990. The Effect of a Market Orientation on Business Profitability. Journal of Marketing, Vol. 54 No. 4, p: 20-35.

Pearce, J. A. & Robinson, R. B. 2011. Manajemen Strategis: formulasi, Implementasi dan Pengendalian. Jakarta: Salemba Empat.

Rahmawati, S., Darsono, & Setyowati, N. 2019. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kinerja Pemasaran pada Usaha Mikro Kecil dan Menengah Pangan Olahan di Kota Surakarta. Jurnal Ekonomi Pertanian dan Agribisnis, Vol. 3 No. 2, hal: 325-335.

Runyan, R. C., Huddleston, P., & Swinney, J. 2006. Entrepreneurial Orientation and Social Capital as Small Firm Strategies: A Study of Gender Differences from a Resource-Based View. International Entrepreneurship and Management Journal, Vol. 2 No. 4, p: 455-477.

Sari, L. F. 2013. Pengaruh Orientasi Pasar dan Kreativitas terhadap Kinerja Pemasaran Pedagang Pakaian jadi di Pasar Kliwon Kabupaten Kudus. Management Analysis Journal. Vol. 2 No. 1, hal: 110-116.

Sari, F. A. P. W. & Farida, N. 2020. Pengaruh Orientasi Pasar dan Orientasi Kewirausahaan terhadap Kinerja Pemasaran melalui Inovasi Produk sebagai Variabel Intervening (Studi pada UMKM Kuningan Juwana Kabupaten Pati). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis Universitas Diponegoro, Vol. 9 No. 3, hal: 345-352.

Simamora, B. 2001. Memenangkan Pasar dengan Pemasaran Efektif dan Profitabel. Edisi Pertama. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Supranoto, M. 2009. Strategi Menciptakan Keunggulan Bersaing Produk melalui Orientasi Pasar, Inovasi, dan Orientasi Kewirausahaan dalam Rangka Meningkatkan Kinerja Pemasaran (Studi Empiris pada: Industri Pakaian Jadi Skala Kecil dan Menengah di Kota Semarang). Jurnal Riset, Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, Vol. 2 No. 3.

Uncles, M. 2000. Marketing Orientation. Australian Journal of Management, Vol. 25, No. 2, p: i-ix.

Zaenal, Abdul. 2012. UMKM Sebagai Tulang Punggung Perekonomian Nasional. Bandung : Alfabeta.

Zimmerer, T. W. & Scarborough, N. M. 2008. Kewirausahaan dan Manajemen Usaha Kecil. Jakarta: Salemba Empat.

Zuliasanti, K., Rusdarti, & Sakitri, W. 2020. Pengaruh Orientasi Pasar, Orientasi Kewirausahaan dan Inovasi Produk terhadap Kinerja Pemasaran UKM. Business and Accounting Education Journal, Vol. 1 No. 1, hal: 73-83.




DOI: https://doi.org/10.37849/midi.v20i2.229

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Majalah Ilmiah Dian Ilmu

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View My Stats

 

Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi (STIA) Pembangunan Jember

Jln. Lumba-lumba No. 9 Kelurahan Sempusari, Kecamatan Kaliwates, Kabupaten Jember Kode Pos 68135