PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM SEBAGAI STRATEGI PEMASARAN (STUDI KASUS PADA AKUN RROUTDOORGEAR_OFFICIAL)

Sampir Andrean Sukoco, Moh. Rizal Hidayatullah

Abstract


Aplikasi instragram adalah aplikasi yang paling populer yang dapat digunakan untuk berbagi foto dan juga video. Faktor inilah yang manjadi alasan kenapa Instagram memiliki banyak manfaat bagi pelaku bisnis. Produk yang dijual dapat dipasarkan melewati fitur-fitur yang terdapat pada akun Instagram.

Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif studi kasus dengan cara mendeskripsikan apa yang dilakukan RR Outdoor Gear dalam melakukan strategi pemasaran melalui instagram rroutdoorgear_official. Teknik penentuan informan menggunakan metode purposive, informan untuk penelitian ini berjumlah 3 orang yang dipilih peneliti karena memiliki kompetensi dibidangnya. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Metode analisis data dilakukan dengan tiga cara yaitu Data Condensation, Data Display, dan Conclusion Drawing atau Verifications.

            RR Outdoor Gear adalah bisnis yang menjual perlengkapan-perlengkapan pendakian (naik gunung) yang berdiri tahun 2015. Saat ini RR Outdoor Gear sudah merambah kebisnis yang lain, diantaranya persewaan (rental) alat-alat gunung, perbaikan/reparasi alat-alat gunung, dan Trip Organizer. Strategi pemasaran RR Outdoor Gear melalui akun instagram dari rroutdoorgear_official dilakukan dengan menggunakan fitur-fitur instagram diantaranya strategi posting produk (feed instagram), penggunaan hashtag, penggunaan insta story (highlights), serta DM (Direct Message). Fitur yang ada dalam instagram tersebut dijadikan alat RR Outdoor Gear dalam memasarkan produk yang dijual, baik penjualan barangnya (pakaian/perlengkapan alat-alat gunung), maupun penjualan jasanya (persewaan, reparasi/perbaikan, dan trip organizer).

Keywords


Media Sosial, Instagram, Strategi Pemasaran

Full Text:

PDF

References


Alma, Buchari. 2014. Kewirausahaan. Bandung : Alfabeta.

Cannon, Joseph, William Perrcault, dan Jerome McCarthy. 2009. Pemasaran Dasar 2. Edisi 16, buku ke-2. Jakarta : Salemba Empat.

Helianthusontri, Jefferly. 2020. Instagram Marketing Untuk Pemula. Jakarta : PT Elex Media Komputindo.

Hidayatullah, Achamad. 2018. Digital Learning. Surabaya : UM Surabaya Publishing.

Hutahayan, Benny. 2019. Peran Kepemimpinan Spiritual dan Media Sosial Pada Rohani Pemuda di Gereja Batak Karo Protestan (GBKP) Cililitan. Yogyakarta : Deepublish.

Ibad, M Nashoihul dkk. 2020. Bisnis UMKM Ditengah Pandemi. Surabaya : Unitomo Press.

Kotler, Philip dan Gary Armstrong. 2008. Prinsip-Prinsip Pemasaran. Edisi 12, Jilid ke-2. Jakarta : Erlangga.

Nofriansyah, Dicky dkk. 2020. Bisnis Online : Strategi dan Peluang Usaha. Medan : Yayasan Kita Menulis.

Politwika. 2015. 99 Cara Super Lesatkan Bisnis Via Social Media. Jakarta : Grasindo.

Rahmat, Pupu Saeful. 2019. Strategi Belajar Mengajar. Surabaya : Scopindo Media Pustaka.

Saleh, Muhamad Yusuf dan Miah Said. 2019. Konsep dan Strategi Pemasaran. Makassar : CV Sah Media.

Stiletto, Tim dan Ranny Afandi. 2019. How To Win Instagram. Yogyakarta : Stiletto Book.

Sudibyo, Agus. 2019. Jagat Digital. Jakarta : Kepustakaan Populer Gramedia.

Sukoco, Sampir Andrean. 2018. New Komunikasi Pemasaran Teori dan Aplikasinya. Jember : CV Pustaka Abadi.

Sulianta, Feri. 2015. Keajaiban Sosial Media. Jakarta : PT Elex Media Komputindo.

Supardi, Yuniar. 2009. Internet Untuk Segala Kebutuhan. Jakarta : PT Elex Media Komputindo.

Suratman, Bambang, dkk. 2019. Kiat Sukses Pemasaran Online Bagi Petani. Sidoarjo : Zifatama Jawara.




DOI: https://doi.org/10.37849/midi.v20i1.204

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Majalah Ilmiah Dian Ilmu

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View My Stats

 

Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi (STIA) Pembangunan Jember

Jln. Lumba-lumba No. 9 Kelurahan Sempusari, Kecamatan Kaliwates, Kabupaten Jember Kode Pos 68135