KUALITAS PELAYANANPROGRAM NASIONAL PEMBERDAYAAN MASYARAKAT (PNPM) MANDIRI HUBUNGANNYA DENGAN KEPUASAN MASYARAKAT DI KECAMATAN PANTI KABUPATEN JEMBER

Authors

  • Ida Mustikawati STIA Pembangunan Jember

DOI:

https://doi.org/10.37849/midi.v12i1.20

Abstract

Rumusan   masalah penelitian ini adalah adakah hubungan yang positif dan signifikan antara kualitas pelayanan PNPM Mandiri dengan kepuasan masyarakat desa di   Kecamatan Panti Kabupaten Jember. Selanjutnya penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan hubungan antara kualitas pelayanan PNPM Mandiri   secara sistematis, faktual dan akurat mengenai fakta-fakta terhadap tingkat kepuasan masyarakat desa di   Kecamatan Panti Kabupaten Jember. Populasinya adalah seluruh penduduk yang ada di   desa-desa di Kecamatan Panti Kabupaten Jember,   sedangkan sampel yang diambil adalah sebanyak 47 (empat tujuh) Kepala Keluarga. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner, yang disusun dengan modifikasi dalam skala likert dengan 5 (lima) kategori, untuk jawaban a diberi kreteria sangat baik dengan nilai 5 (lima), untuk jawaban e diberi kreteria sangat buruk dengan nilai 1 (satu). Teknik analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis Korelasi Product Moment Karl Pearson.Hasil penelitian menunjukkan terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kualitas pelayanan PNPM Mandiri dengan kepuasan masyarakat desa di Kecamatan Panti Kabupaten Jember.

Author Biography

Ida Mustikawati, STIA Pembangunan Jember

Prodi Administrasi Publik

Published

2018-02-16