ANALISIS PERBANDINGAN PERSEPSI KONSUMEN MINIMARKET INDOMARET DENGAN ALFAMART DI PASAR JENGGAWAH KECAMATAN JENGGAWAH KABUPATEN JEMBER

Ida Mustikawati, Dody Prihatin Setia Budi, Siti Salisatul Khoiriyatun Nisak

Abstract


Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui adakah perbedaan persepsi konsumen Indomaret dan Alfamart yang mempengaruhi keputusan pembelian konsumen dan untuk mengetahui seberapa besar tingkat perbandingan persepsi konsumen Indomaret dan Alfamart di Pasar Jenggawah Kecamatan Jenggawah Kabupaten Jember.

Jenis penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah jenis penelitian kuantitatif.  Lokasi penelitian yaitu di Alfamart dan Indomaret Cabang Jenggawah II yang berlokasi di pasar Jenggawah Kabupaten Jember. Dalam penelitian ini populasi yang digunakan adalah seluruh pelanggan Alfamart dan Indomaret yang melakukan sebuah transaksi pada bulan Juli-Desember 2010 yaitu sebanyak 12.775. Sedangkan untuk jumlah sampelnya peneliti menetapkan sebanyak 100 orang responden yang dipilih berdasar accidental sampling. Analisis data menggunakan dua metode pendekatan yaitu Analisis Deskriptif Kuantitatif menggunakan Rank Spearman, sedangkan untuk pembuktian hipotesis dilakukan dengan t-test dengan menggunakan alat bantu hitung statistik yaitu spss 16 for windows.

Hasil perhitungan menunjukkan adanya perbedaan persepsi konsumen Indomaret dengan persepsi konsumen Alfamart pada indikator lokasi, pelayanan, kelengkapan produk yang ditawarkan, promosi dan harga. Besarnya perbedaan persepsi konsumen Indomaret dengan persepsi konsumen Alfamart adalah sebesar 0,621.



DOI: https://doi.org/10.37849/midi.v11i2.13

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2012 Majalah Ilmiah Dian Ilmu

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View My Stats

 

Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi (STIA) Pembangunan Jember

Jln. Lumba-lumba No. 9 Kelurahan Sempusari, Kecamatan Kaliwates, Kabupaten Jember Kode Pos 68135