Peran Keunggulan Bersaing Dalam Memediasi Dampak Orientasi Pasar Dan Orientasi Kewirausahaan Terhadap Kinerja UMKM

Authors

  • Nungky Viana Feranita Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi (STIA) Pembangunan Jember
  • Hendra Aris Setiawan STIA Pembangunan Jember

DOI:

https://doi.org/10.37849/midi.v18i1.110

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh orientasi pasar dan orientasi kewirausahaan terhadap kinerja UMKM secara langsung maupun tidak langsung dengan keunggulan bersaing sebagai variabel mediasi. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan explanatory (sebab akibat). Populasi dalam penelitian ini adalah UMKM sektor manufaktur di Kecamatan Tempurejo yang terdaftar di Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Jember sebesar 32 unit usaha. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik sampling jenuh atau teknik sensus. Sampel sebanyak 32 unit usaha. Metode analisis adalah analisis jalur (path analysis) dengan menggunakan software IBM SPSS 22. Secara keseluruhan, tujuh hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini terdapat empat hipotesis diterima dan tiga hipotesis ditolak. Hasil pengujian hipotesis pengaruh langsung menunjukkan bahwa terdapat dua jalur yang berpengaruh signifikan, yaitu orientasi pasar terhadap keunggulan bersaing dan keunggulan bersaing terhadap kinerja usaha. Hasil pengujian hipotesis pengaruh tidak langsung menunjukkan bahwa terdapat dua jalur yang berpengaruh signifikan, yaitu orientasi pasar terhadap kinerja usaha melalui keunggulan bersaing dan orientasi kewirausahaan terhadap kinerja usaha melalui keunggulan bersaing.

Author Biographies

Nungky Viana Feranita, Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi (STIA) Pembangunan Jember

Program Studi Ilmu Administrasi Niaga

Hendra Aris Setiawan, STIA Pembangunan Jember

Prodi Ilmu Administrasi Niaga

Published

2019-02-08