Pengaruh Kapabilitas Pemasaran, Keunggulan Bersaing Dan Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Ukm (Usaha Kecil Dan Menengah) Di Kabupaten Lumajang

Authors

  • Mohammad Hoiron Universitas Jember
  • Edy Wahyudi Universitas Jember
  • Zarah Puspitaningtyas Universitas Jember

DOI:

https://doi.org/10.37849/midi.v18i1.108

Abstract

Kinerja perusahaan yang optimal dipengaruhi oleh beberapa aspek yang ada di dalam organisasi perusahaan, diantaranya adalah unsur kapabilitas pemasaran, keunggulan bersaing dan budaya organisasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kapabilitas pemasaran, keunggulan bersaing dan budaya organisasi terhadap kinerja UKM (Usaha Kecil dan Menengah) di Kabupaten Lumajang, secara parsial. Penelitian ini meliputi sektor batik, meubel kayu, perhiasan emas dan keripik pisang. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah paradigma kuantitatif bersifat explanatory. Populasi berjumlah 148 UKM, teknik   pengambilan sampel menggunkan teknik random sampling sehingga diperoleh responden yang berjumlah 109 UKM dijadikan sampel penelitian dan responden penelitian. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, kuesioner dan studi kepustakaan. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda. Hasil uji regresi menunjukkan bahwa secara parsial variabel kapabilitas pemasaran, keunggulan bersaing dan budaya organisasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja UKM.

Author Biographies

Mohammad Hoiron, Universitas Jember

Program Studi Magister Ilmu Administrasi FISIP

Edy Wahyudi, Universitas Jember

Program Studi Magister Ilmu Administrasi FISIP

Zarah Puspitaningtyas, Universitas Jember

Program Studi Magister Ilmu Administrasi FISIP

Published

2019-02-08