Pengaruh Kualitas Pelayanan Pegawai Terhadap Kepuasan Masyarakat di Kelurahan Tegal Gede Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember
Abstract
Faktor kualitas pelayanan dapat mempengaruhi kepuasan masyarakat. Untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat pegawai harus dengan memberikan kualitas pelayanan yang baik, sehingga masyarakat dapat pelayanan yang memuaskan. Poppulasi dlam peenelitian ini adalah seluruh massyarakat yang hadir di Kelurahan Tegal Gede Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember dalam pelayanan berjumlah 210 orang yang mendapatkan dalam 1 bulan . Besamnya sammpel yang di ambil adalah 68 darri ju mlah pop ulasi, yaitu 210 orang. Ada dua variabel yang rangkum di peenelitian ini, ya itu (1) kuallitas pelayanan (2) kepuasan masyarakat. Dalam mengumpulkan beberapa data yang dipakai yaitu angket. Analisis linear sederhada merupakan metode yang dipai dengan menggunakan SPSS. Penelitian ini berhasil memberi bukti bahwa pada nilai F test yaitu 23,182 > 3,14. Maka dari itu hipotesa di katakkan behwa ter dapat pengaruh an tara variabel kepuasan masyarakat te rhadap kualitas pelayanan dapat diterima. Berdasarkan hasil penelitian bahwa kepuasan masyarakat terhadap kualitas pelayanan Kualitas pelayanan memiliki pengaruh yang lebih dominan peneliti memberikan beberapa saran yang ada pada penelitian ini iyalah (1) menurut peneliti yang berhasil meneliti dapat mengetahui bahwa kepuasan memunyai pengaruh bisa dibilang sangat kecil daripada kualitas pelayanan, ehingga Kelurahan Tegal Gede Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember harus ditingkatkan kualitas pelayanannya supaya masyarakat yang dilayani merasa terpuaskan.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Arikunto, Suharsimi. 2002. Yogyakarta: Bina Aksara. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D.
Fhatoni, Abdurrahman 2006. Jakarta: Rinka Cipta. Manajemen Sumber Daya Manusia.
Ghozali, Imam. 2013. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 21 Update PLS Regresi. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Gomes. 2003. Manajemen Sumber Daya Manusia, Yogyakarta: Andi.
Hasibuan, Malayu SP. 2008. Organisasi Dan Motivasi, Jakarta: PT. BumiAksara.
_________, 2006. Organisasi Dan Motivasi. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Hasan, Iqbal. 2005. Pokok-Pokok Materi Metodelogi Penelitian Dan Aplikasinya. Jakarta: Bumi Aksara.
Mangkunegara, Anwar Prabu, 2000, Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan, PT. Remaja Rosdakarya, Bandung.
Maslow, Abraham. 2007. Motivasi dan Kepribadian. Jakarta: Pustaka Binaan Presindo.
MENPAN Nomor.63 Tahun 2003. Pedoman Umum Penyelenggaraan Publik.
Nawari. 2010. Analisis Regresi dengan Ms. Ekxel 2007 dan SPSS 17. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.
Parasuraman, Zeithami dan Berry, 1988, Communication and Control Processes in the Delivery of Service Quality.
Pasolong, Harban. 2010. Teori Administrasi Publik, Bandung: Alfabeta.
Rohim. 2020. Organisasi: Restrukturisasi Dan Kinerja Pegawai. Indramayu: Adab.
Saydam, Ghozali. 2005. Manajemen Sumber Daya Manusia, Jakarta: Djambatan.
Sugiyono, 2009. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung
_______, 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Pustaka Grafika.
Undang–Undang No.32 Tahun 2004. Tentang Pemerintah Daerah.
Undang-undang No.34 Tahun 2019. Tentang Kedudukan, Susunan Organisasi Tugas dan Fungsi Serta Tata Kerja Kelurahan.
DOI: https://doi.org/10.37849/mici.v4i2.328
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Dani Ari Sandi, Ivana Septia Maharani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.