Economic Transformation Of Jember Post-Covid-19: Progress In Micro, Small, Medium Enterprises (MSMES)
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aghion, P., & Howitt, P. (1990). A Model of Growth Through Creative Destruction (w3223; hlm. w3223). National Bureau of Economic Research. https://doi.org/10.3386/w3223
Arnu, A. P. (2023). Pendampingan Transformasi Digital Marketing Era Pandemi Covid-19 pada Peserta UMKM Jabar Juara di Kabupaten Karawang. Abdimas Universal, 5(1), 28–35. https://doi.org/10.36277/abdimasuniversal.v5i1.220
Hakim, L. (2021). 87 Persen Pelaku UMKM di Jawa Timur Terdampak Pandemi COVID-19. https://daerah.sindonews.com/read/325418/704/87-persen-pelaku-umkm-di-jawa-timur-terdampak-pandemi-covid-19-1612504964
Hardilawati, W. laura. (2020). Strategi Bertahan UMKM di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Akuntansi Dan Ekonomika, 10(1), Article 1. https://doi.org/10.37859/jae.v10i1.1934
Jaume Ventura, & Ventura, J. (2019). Joseph Schumpeter Lecture: Sharing a Government. Journal of the European Economic Association, 17(6), 1723–1752. https://doi.org/10.1093/jeea/jvz066
Mas’ud, I., Ayu, F., Hidayat, F., Alfadri, S., & Yuliana, D. (2023). Strategi Pemulihan Usaha Pasca Pandemi di Era Transformasi Digital Dalam Meraih Keunggulan Kompetitif UMKM di Kota Pekanbaru. INTECOMS: Journal of Information Technology and Computer Science, 6(1), 555–566. https://doi.org/10.31539/intecoms.v6i1.7059
Mukhlishah, W. (2021). Excellent Expo UMKM 2021, Pemkab Jember Perluas Pemasaran Produk Lokal. https://suaraindonesia.co.id/news/pemerintahan/61ac87b40a4de/excellent-expo-umkm-2021-pemkab-jember-perluas-pemasaran-produk-lokal#google_vignette
Oce, O. (2021). UMKM Jember Terbanyak di Jawa Timur, OK OCE Kolaborasi Dengan Pemkab Jember. https://kumparan.com/okoceindonesia/umkm-jember-terbanyak-di-jawa-timur-ok-oce-kolaborasi-dengan-pemkab-jember-1vwIv3MT7rl
Oktavianty, O., & Agit, A. (2023). Penerapan Penggunaan E-Payment Sebagai Upaya Peningkatan Adaptabilitas UMKM Terhadap Transformasi Digital. DEDIKASI PKM, 4(2), 232. https://doi.org/10.32493/dedikasipkm.v4i2.30103
Qur’ani, B., & Anshar, Muh. A. (2023). Analisis Faktor-Faktor Pengembangan UMKM dengan Transformasi Digital dalam Pertahanan Ekonomi Pasca COVID-19. JEMMA (Journal of Economic, Management and Accounting), 6(1), 12. https://doi.org/10.35914/jemma.v6i1.1603
Rahayu, P. R., & Hidayah, N. (2023). Pengaruh Jaringan Usaha, Inovasi Produk, dan Persaingan Usaha terhadap Perkembangan Usaha UMKM. Jurnal Manajerial Dan Kewirausahaan, 5(2), Article 2. https://doi.org/10.24912/jmk.v5i2.23415
Ripaldi, A. (2021). Geber UMKM Jember Expo Promosikan Produk Lokal Hingga Singapura. https://timesindonesia.co.id/ekonomi/367197/geber-umkm-jember-expo-promosikan-produk-lokal-hingga-singapura
Safitri. (2022). Kebangkitan Ekonomi Jember melalui UMKM. Kebangkitan Ekonomi Jember melalui UMKM - Radar Jember. https://radarjember.jawapos.com/pemerintahan/791122768/kebangkitan-ekonomi-jember-melalui-umkm
Setyawati, A. (2022). Akselerasi Transformasi Era Society 5.0 Akibat Perubahan Perilaku Konsumen Pasca Covid-19 Dan Dampaknya Terhadap Ekonomi Kreatif (studi pelaku UMKM Kota Malang). Seminar Nasional Riset Ekonomi Dan Bisnis, 1(1), Article 1. https://jurnalekonomi.unisla.ac.id/index.php/Semnas/article/view/1216
Solichah, Z. (2021). BI Jember lakukan empat hal selamatkan UMKM terdampak COVID-19—ANTARA News. https://www.antaranews.com/berita/1999421/bi-jember-lakukan-empat-hal-selamatkan-umkm-terdampak-covid-19
Wahyunik, S. (2022). Kabupaten Jember Punya Kekuatan 647.000 UMKM untuk Bangkitkan Perekonomian Rakyat. https://surabaya.tribunnews.com/2022/11/12/kabupaten-jember-punya-kekuatan-647000-umkm-untuk-bangkitkan-perekonomian-rakyat#google_vignette
Zahiroh, M. Y. (2022). Peluang dan Tantangan Transformasi Digital UMKM di Indonesia Pasca Pandemi COVID-19. Journal of Economics and Social Sciences (JESS), 1(2), 124–133. https://doi.org/10.59525/jess.v1i2.150
DOI: https://doi.org/10.37849/midi.v24i1.393
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Majalah Ilmiah Dian Ilmu
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.