KUALITAS PELAYANAN PROGRAM NASIONAL PEMBERDAYAAN MASYARAKAT (PNPM) MANDIRI HUBUNGANNYA DENGAN KEPUASAN MASYARAKAT DI KECAMATAN PANTI KABUPATEN JEMBER

Authors

  • Soekirman Soekirman Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi (STIA) Pembangunan Jember

DOI:

https://doi.org/10.37849/midi.v11i1.12

Abstract

Kegiatan PNPM Mandiri pada hakekatnya memiliki dua dimensi, yaitu: (1) memberikan wewenang dan kepercayaan kepada masyarakat untuk menentukan sendiri kebutuhannya, merencanakan dan mengambil keputusan secara terbuka dan penuh tanggung jawab, (2) menyediakan dukungan lingkungan yang kondusif untuk mewujudkan peran masyarakat dalam pembangunan, khususnya dalam upaya peningkatan kesejahteraan mereka. Sehingga peranannya yang cukup signifikan selama ini, maka PNPM Mandiri mendapat perhatian dan sorotan lebih dari masyarakat luas terkait programnya yang langsung menyentuh masyarakat bawah.

Rumusan   masalah penelitian ini adalah adakah hubungan yang positif dan signifikan antara kualitas pelayanan PNPM Mandiri dengan kepuasan masyarakat desa di   Kecamatan Panti Kabupaten Jember. Selanjutnya penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan hubungan antara kualitas pelayanan PNPM Mandiri   secara sistematis, faktual dan akurat mengenai fakta-fakta terhadap tingkat kepuasan masyarakat desa di   Kecamatan Panti Kabupaten Jember. Populasinya adalah seluruh penduduk yang ada di   desa-desa di Kecamatan Panti Kabupaten Jember,   sedangkan sampel yang diambil adalah sebanyak 47 (empat tujuh) Kepala Keluarga. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner, yang disusun dengan modifikasi dalam skala likert dengan 5 (lima) kategori, untuk jawaban a diberi kreteria sangat baik dengan nilai 5 (lima), untuk jawaban e diberi kreteria sangat buruk dengan nilai 1 (satu). Teknik analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis Korelasi Product Moment Karl Pearson.

Hasil penelitian menunjukkan tidak terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara Variabel kualitas pelayanan PNPM Mandiri (X) dengan kepuasan masyarakat (Y) desa di Kecamatan Panti Kabupaten Jember. Hal ini menunjukan bahwa Kegiatan PNPM Mandiri belum mampu menyentuh masyarakat bawah secara langsung sehingga tidak terlalu terjadi interaksi antara pelaksana PNPM Mandiri dengan masyarakat.

Author Biography

Soekirman Soekirman, Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi (STIA) Pembangunan Jember

Program Studi Administrasi Publik

Published

2018-02-16