Pengaruh Kapabilitas Pemasaran, Keunggulan Bersaing Dan Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Ukm (Usaha Kecil Dan Menengah) Di Kabupaten Lumajang
Abstract
Kinerja perusahaan yang optimal dipengaruhi oleh beberapa aspek yang ada di dalam organisasi perusahaan, diantaranya adalah unsur kapabilitas pemasaran, keunggulan bersaing dan budaya organisasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kapabilitas pemasaran, keunggulan bersaing dan budaya organisasi terhadap kinerja UKM (Usaha Kecil dan Menengah) di Kabupaten Lumajang, secara parsial. Penelitian ini meliputi sektor batik, meubel kayu, perhiasan emas dan keripik pisang. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah paradigma kuantitatif bersifat explanatory. Populasi berjumlah 148 UKM, teknikĀ pengambilan sampel menggunkan teknik random sampling sehingga diperoleh responden yang berjumlah 109 UKM dijadikan sampel penelitian dan responden penelitian. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, kuesioner dan studi kepustakaan. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda. Hasil uji regresi menunjukkan bahwa secara parsial variabel kapabilitas pemasaran, keunggulan bersaing dan budaya organisasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja UKM.
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)DOI: https://doi.org/10.37849/midi.v18i1.108
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 Majalah Ilmiah Dian Ilmu
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.