Reformasi Birokrasi dalam Pelayanan Publik di Distrik Sentani Timur Kabupaten Jayapura

Dorthea Renyaan, Yordan Haris Saputra Wear, Pricil Julia Sabarita Sitorus, Juliani Manavella Tasidjawa, Xacverius Hendrik Bouway

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis reformasi birokrasi dalam pelayanan publik di Distrik Sentani Timur Kabupaten Jayapura. Metode dalam penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan wawancara dan observasi sebagai instrumen utama. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum pelaksanaan reformasi telah berjalan dengan baik ditinjau dari berbagai aspek, meliputi prosedur pelayanan, waktu penyelesaian, biaya pelayanan, produk pelayanan, serta sarana dan prasarana. Namun, masih terdapat kesenjangan kompetensi di antara pegawai distrik, khususnya dalam hal literasi digital dan kemampuan mengoperasikan perangkat komputer. Selain itu, permasalahan kedisiplinan aparatur, baik di tingkat pimpinan maupun staf, masih menjadi tantangan yang signifikan dalam optimalisasi pelayanan publik. Sehingga, diperlukan implementasi sistem penegakan disiplin yang lebih terstruktur dan konsisten dan program pelatihan kompetensi digital yang komprehensif, khususnya pelatihan aplikasi perkantoran dasar Microsoft Office bagi pegawai.

Keywords


Kualitas Pelayanan, Reformasi Birokrasi, Pelayanan Publik, Pencatatan Sipil.

References


Adnan, M. F. (2013). Reformasi birokrasi pemerintahan daerah dalam upaya peningkatan pelayanan publik. Humanus: Jurnal Ilmiah Ilmu-Ilmu Humaniora, 12(2), 196–203.

Akay, R., Kaawoan, J. E., & Pangemanan, F. N. (2021). Disiplin Pegawai Dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Publik di Kantor Kecamatan Tikala. Governance, 1(1).

Athar, H. S. (2020). Pengaruh kepemimpinan, kedisiplinan dan lingkungan kerja terhadap kinerja pegawai kantor Kecamatan Selong Kabupaten Lombok Timur. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT, 5(1), 57–64.

Bahrudin, A., & Hidayat, S. A. (2023). Implementasi Good Governance Dalam Pelayanan Publik di Kantor Kecamatan Semarang Timur. Public Service and Governance Journal, 4(2), 177–192.

Blau, P. M. (2021). The organization of academic work. Routledge.

Cordella, A., & Tempini, N. (2015). E-government and organizational change: Reappraising the role of ICT and bureaucracy in public service delivery. Government Information Quarterly, 32(3), 279–286.

Dwiyanto, A. (2021). Reformasi birokrasi publik di Indonesia. Ugm Press.

Haning, M. T. (2018). Reformasi Birokrasi di Indonesia: Tinjauan Dari Perspektif Administrasi Publik. JAKPP (Jurnal Analisis Kebijakan & Pelayanan Publik), 25–37.

Kamelia, L., & Veranita, M. (2022). Analisis implementasi good governance dalam mewujudkan pelayanan publik yang berkualitas di Kecamatan Ciater Kabupaten Subang. Publik, 9(2), 289–299.

Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Nomor 63 Tahun 2003 tentang Pelayanan Publik Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Nomor 63 Tahun 2004 tentang Pelayanan Publik.

Kettl, D. F. (2015). The transformation of governance: Public administration for the twenty-first century. Jhu Press.

Moenir, A. S. (2008). Manajemen pelayanan umum di Indonesia. Bumi Aksara.

Muttaqin, M. Z. (2023). Public administration and epistemology: Experience, power, and agency: Arthur J. Sementelli. New York and London: Routledge, 2021. pp. vii, 200. Taylor & Francis.

Natalia, J., & Kalalinggi, R. (2021). Efektivitas Pelayanan Pegawai Dalam Tingkat Kepuasan Masyarakat di Kantor Kelurahan Jawa Kecamatan Samarinda Ulu. Jurnal Ilmu Pemerintahan, 9(2), 49–58.

Ostrom, A. L., Parasuraman, A., Bowen, D. E., Patrício, L., & Voss, C. A. (2015). Service research priorities in a rapidly changing context. Journal of Service Research, 18(2), 127–159.

Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 81 Tahun 2010 tentang Grand Design Reformasi Birokrasi 2010-2025.

Rohayatin, T. (2017). Strategi Reformasi Birokrasi Pemerintahan Daerah: Menuju Era Globalisasi. Jurnal Transformative, 3(1), 40–52.

Rohim, R. (2019). Pengaruh Restrukturisasi Organisasi, Budaya Organisasi, Dan Gaya Kepemimpinan Terhadap Kinerja Pegawai Di Kantor Kecamatan Mayangan Kota Probolinggo. Majalah Ilmiah Dian Ilmu, 18(2), 35–51.

Rozak, A. R., Rohim, R., & Jatmika, P. P. (2022). Implementasi Kebijakan Program Sistem Informasi Pelayanan di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Jember. Majalah Ilmiah Cahaya Ilmu, 4(2), 102–114.

Sinambela, L. P. (2008). Reformasi pelayanan publik. Bumi Aksara.

Sukarman, S., & Rohim, R. (2022). Pengaruh Akuntabilitas Dan Transparansi Pemerintah Desa Terhadap Partisipasi Masyarakat Dalam Pembangunan Infrastruktur Di Desa Pondokrejo Kecamatan Tempurejo Kabupaten Jember. Majalah Ilmiah Cahaya Ilmu, 4(1), 27–40.

Sumarto, R. H. (2015). Model Kepemimpinan Dalam Reformasi Birokrasi Pemerintah. Efisiensi: Kajian Ilmu Administrasi, 13(1).

Tjiptono, F. (2022). SERVICE MANAGEMENT: Mewujudkan Layanan Prima Edisi 4. Penerbit Andi.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik.




DOI: https://doi.org/10.37849/mici.v6i2.413

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Dorthea Renyaan, Yordan Haris SaputraWear, Yordan Haris Saputra Wear, Pricil Julia SabaritaSitorus, Pricil Julia Sabarita Sitorus, Juliani Manavella Tasidjawa, Juliani Manavella Tasidjawa, Xacverius Hendrik Bouway, Xacverius Hendrik Bouway

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Related Issue

  • Slot Online: Game Judi Terpopuler dan Viral
  • Slot Demo: Permainan Slot Gratis Dengan Akun PG Slot88
  • Wargabet: Situs Live Casino Terlengkap
  • Akun Demo Slot: Akses Permainan Slot Demo Percobaan
  • Slot Gacor: Judi Online Mudah JP Maxwin
  • Slot Gratis: Main Game Online Tanpa Deposit
  • Pragmatic Demo: Slot Mirip Asli Infinistaging
  • Idn Poker: Situs Judi Wargapoker Online Terpercaya
  • Joker123: Agen Joker Gaming Terbaru