Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Meubel Kiki Rizky

Rojavi Oktaviani, Sampir Andrean Sukoco

Abstract


Persaingan dalam dunia usaha tengah mengalami perkembangan yang diikuti dengan persaingan yang semakin kompetitif. Perkembangan tersebut membuat pelaku usaha harus memperhatikan loyalitas pelanggan, karena loyalitas pelanggan merupakan salah satu faktor untuk menjaga kelangsungan usaha. Loyalitas pelanggan berkaitan dengan kualitas pelayanan dan kepuasan yang dialami oleh pelanggan. Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis pengaruh kualitas pelayanan dan kepuasan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan tipe asosiatif kausal. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 100 responden. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling. Metode analisis yang digunakan analisis regresi linear berganda dengan bantuan software SPSS 26. Dari kessluruhan hipotesis memiliki pengaruh positif terhadap loyalitas pelanggan dengan nilai 0,027 untuk kualitas pelayanan dan 0,440 untuk kepuasan pelanggan. Hasil uji F menunjukkan    bahwa kualitas pelayanan dan kepuasan pelanggan berpengaruh simultan terhadap loyalitas pelanggan, dengan Fhitung sebesar 31,872 yang lebih besar dari nila Ftabel dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 kurang dari 0,05. Hasil uji T menunjukkan bahwa nilai Thitung dari kualitas pelayanan sebesar 2,125 yang memiliki nilai lebih besar dari Ttabel dengan nilai signifikansi sebesar 0,037 lebih kecil dari 0,05dan nilai Thitung kepuasan pelanggan sebesar 7,746 yang lebih besar dari nilai Ttabel dengan nilai signifikansi sebesar 0, 000 lebih kecil dari 0,05. Sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil Uji T menunjukkan bahwa kualitas pelayanan dan kepuasan pelanggan berpengaruh secara parsial terhadap loyalitas pelanggan. Diketahui RSquare sebesar 0,453 yang berarti kontribusi kualitas pelayanan dan kepuasan pelanggan dalam mempengaruhi loyalitas pelanggan sebesar 0,453 atau 45%.


Keywords


Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pelanggan, Loyalitas Pelanggan.

References


Abdul Manap. (2016). Manajemen Pemasaran (Edisi Pert). Wacana Media.

Aditama, R. A. (2020). Pengantar Manajemen : Teori dan Aplikasinya. AE Publishing.

Amstrong, P. K. & G. (2012). Principles Of Marketing Global (14 th edit). Prentice.

Anastasia, F. T. & D. (2020). Pemasaran. Andi.

Arikunto. (2002). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta.

Assauri, S. (2018). Manajemen Pemasaran (Dasar, Konsep, & Strategi). Raja Grafindo Persada.

Dewa, C. B., & Safitri, L. A. (2020). Analisa Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Pelanggan terhadap Loyalitas Pelanggan OVO pada Masa Physical Distancing. ASSET: Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 3(1). https://doi.org/10.24269/asset.v3i1.2652

Dukic, V. L. & S. (2018). Factors Affecting Customer Loyalty In The Business Market - An Empirical Study In The Republic Of Serbial. Economic And Organization, 15, 245–256.

Dwipayana, B., & Sulistyawati, E. (2018). Peran Kepuasan Dalam Memediasi Pengaruh Kepercayaan Terhadap Niat Beli Ulang Pada Go-Food Di Feb Unud. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 7(10), 5197. https://doi.org/10.24843/ejmunud.2018.v07.i10.p01

Ghozali, I. (2007). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS (jilid IV). Universitas Diponegoro.

Gregorius, F. T. & C. (2012). Service, Quality, Satisfaction. Andi Offset.

Griffin, J. (2005). Customer Loyalty : Membutuhkan & Mempertahankan Kesetiaan Pelanggan. Erlangga.

Hasan, A. (2014). Marketing & Kasus - Kasus Pilihan. CAPS.

Hutasoit, c s. (2011). Pelayanan Publik : Teori dan Aplikasinya. MAGNA Script Publishing.

Irawan, H. (2015). 10 Prinsip Kepuasan Pelanggan. Elex Media Komputindo.

Keller, P. K. & K. L. (2012). Marketing Management. Pretice Hall.

Keller, P. K. & K. L. (2013). Manajemen Pemasaran Mengenai Kepercayaan (Ketigabela). Erlangga.

Keller, P. K. & K. L. (2016a). Manajemen Pemasaran (Edisi 13). Erlangga.

Keller, P. K. & K. L. (2016b). Marketing Management (15th Editi). Pretice Hall.

Lupiyoadi, R. (2014). Manajemen Pemasaran Jasa. Salemba Empat.

Putri, F. K., Tumbel, A. L., & Djemly, W. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Pt . Matahari Department Store Di Mantos 2. Jurnal EMBA, 9(1), 1428–1438. https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/emba/article/view/33202

Rahmayanty, N. (2013). Manajemen Pelayanan Prima. Graha Ilmu.

Rangkuti, F. (2009). Strategi Promosi yang Kreatif dan Analisis Kasus Integrated Marketing. Gramedia Pustaka Utama.

Rosita Nuraeni, A. E. dan L. M. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Keputusan Terhadap Loyalitas Pelanggan. Jurnal Ilmiah Ecobuss, 2(4), 487–493. https://doi.org/10.51747/ecobuss.v9i1.712

Sudjana. (2015). Metode Statistika. Tarsito.

Sugiarto, D. S. &. (n.d.). Metode Statistik. Gramedia Pustaka Utama.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Bisnis (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Alfabeta.

(2018). Metode Penelitian Kuantitatif (Cetakan ke-1). Alfabeta.

Sukoco, S. A. (2018). New Komunikasi Pemasaran : Teori dan Aplikasinya. CV. Pustaka Abadi.

Tiong, P. (2018). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP LOYALITAS Effect Of Quality Of Service To Customer Loyalty PT . Primagum Sejati In Makassar Piter Tiong. 1(2), 176–204.

Tjiptono, F. (2012). Service Management Mewujudkan Layanan Prima. Andi Offset.

(2014). pemasaran Jasa. Gramedia Cawang.

(2015). Strategi Pemasaran Jasa. Andi Offset.

(2017). Manajemen Pemasaran Jasa. PT Indeks Kelompok Gramedia.

(2017). Pemasaran Jasa (Prinsip, Penerapan, dan Penelitian). Andi Offset.

Yulianthini, I. A. Y. M. P. & N. N. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan di Warung Ko-Vaitnam Singaraja. Manajemen Perhotelan Dan Pariwisata, 6(1), 53–66. https://doi.org/10.34005/kinerja.v4i1.1698




DOI: https://doi.org/10.37849/mici.v5i2.379

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Rojavi Oktaviani, Sampir Andrean Sukoco

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View My Stats

 

Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi (STIA) Pembangunan Jember

Jln. Lumba-lumba No. 9 Kelurahan Sempusari, Kecamatan Kaliwates, Kabupaten Jember Kode Pos 68135