Pengaruh Lingkungan Kerja Fisik dan Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Pegawai Pada Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana Kabupaten Jember

Khusnul Khotimah, Nur Aini Mayasiana

Abstract


Penelitiaan ini membahas pentingnya lingkungan kerja fisik dan budaya organisasi yang memengaruhi kineja pegawai di lokasi penelitan yang bertempat di salah satu intansi pemerintah di Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana Kabupaten Jember. Penelitian ini untuk memperkuat, adanya pengaruh lingkungan kerja fisik dan budaya organisasi tehadap kinerja pegawai. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif untuk menguji variabeel dependen terhadap variabel independen. Penelitian ini menggunakan sampel jenuh, karena semua populasi di gunakan. Jumlah populasi dalam penelitian ini sejumlah 32 pegawai ASN Daerah pada tahun 2022. Jumlah sampel sebanyak 32 pegawai ASN Daerah. Pengumpulaan data menggaunakan teknik observasi dan penyebaran kuesioner dengan skala likert yang berisi 5 penilaian dari masing-masing tingkatan di setiap penilaian. Sementara analisis yang digunakaan dalam penelitiaan ini yaitu regresi linier bergaanda. Hasil penelitian secara parsial indikator lingkungan kerja fisik terhadap kinerja pegawai tidak berpengaruh dan indikator budaya organisasi terhadap kinerja pegawai berpengaruh. Secara simultan hasil penelitian indikator lingkungan kerja fisik dan budaya organisasi berpengaruh terhadap kinerja pegawai.

Keywords


Lingkungan Kerja Fisik, Budaya Organisasi dan Kinerja Pegawai

References


Afandi. 2018. Manajemen Sumber Daya Manusia (Teori, Konsep dan Indikator). Nusa Media. Yogyakarta.

Apriani, W. R., Rodhiyah, & Hidayat. Wahyu. (2021). Pengaruh Kompensasi dan Lingkungan Kerja Terhadap Produktivitas Kerja Karyawan PT. BPR Restu Artha Makmur Kantor Pusat Majapahit Semarang. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 1(1), 1–8.

Khurosani, Aan. 2018. Pengaruh Keselamatan Kerja Fisik Dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan (Studi Empirik Karyawan Pt. Karakatau Posco Di Cilegon Banten). Jurnal Riset Bisnis dan Manajemen Tirtayasa (JRBMT), Vol.2, No.1. Program Pascasarjana Magister Manajemen Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

Mangkunegara, A. P. (2017). Manajemen Sumber daya Manusia Perusahaan. Cetakan ke 14. Bandung. PT. Remaja Rosdakarya.

Panuluh, T. B. D. (2019). Pengaruh Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT Asuransi Ramayana Bandung. 6(3), 6093– 6100.

Sedarmayanti. (2009). Sumber Daya Manusia Dan Produktivitas Kerja. Mandar Maju.

Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta.

Umi, D. (2015). Pengaruh Kateristik Individu, Gaya Kepemimpinan dan Budaya Organisasi Terhadap Kepuasan Kerja dan Komitmen Organisasi, Program Pascasarjana, Universitas Brawijaya Malang. Universitas Brawijaya Malang.

Wahyuni, E. (2019). Analisis Pengaruh Lingkungan kerja dan Budaya Organisasi Terhadap Produktivitas Kerja Pegawai pada Bidang Keuangan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Kalimantan Timur Administrasi Publik. http://ejurnal.untag-smd.ac.id/index.php/AP/article/view/3870




DOI: https://doi.org/10.37849/mici.v5i2.378

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Khusnul Khotimah, Nur Aini Mayasiana

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View My Stats

 

Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi (STIA) Pembangunan Jember

Jln. Lumba-lumba No. 9 Kelurahan Sempusari, Kecamatan Kaliwates, Kabupaten Jember Kode Pos 68135