Pengaruh Motivasi Dan Fasilitas Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Di UPTD. Puskesmas Sabrang Kecamatan Ambulu Kabupaten Jember

Izza Afkarina Safitri, Asmuni Asmuni

Abstract


Penelitian ini menyangkut tentang pengaruh motivasi dan fasilitas kerja terhadap kinerja pegawai di  penelitian yang bertempat di salah satu instansi kesehatan di wilayah pedesaan di Desa Sabrang Kecamatan Ambulu Kabupaten Jember. Di dalam penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif, metode yang digunakan untuk menguji variabel bebas (x) terhadap variabel terikat (y). Jumlah populasi dalam penelitian ini sejumlah 66 pegawai pada tahun 2022. Jumlah sampel sebanyak 50 pegawai dengan menggunakan rumus slovin dan teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling yang mana tujuan pengambilan sampel dari metode ini untuk mendapatkan sampel yang sesuai dengan isi tujuan penulis dengan adanya beberapa pertimbangan dari kenyamanan responden.. Varibel pada penelitian adalah Motivasi (x1) , Fasilitas kerja (x2) dan Kinerja pegawai (y). Pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik observasi dan pembagian kuesioner dengan skala likert yang mana berisi 5 penilaian yang masing-masing terdapat tingkatan di setiap penilaian. Sementara analisis dalam penelitian ini menggunakan regresi linier berganda. Hasilnya motivasi kerja tidak berpengaruh terhadap kinerja pegawai secara parsial dari pegawai dikarenakan adanya jawaban responden yang menyatakan setuju terhadap motivasi dari pimpinan yang sportif dan baik tapi tidak lantas dapat mempengaruhi kinerja. Dan fasilitas kerja berpengaruh terhadap kinerja pegawai secara parsial karena semua indikator yang terdapat pada fasilitas kerja menyatakan setuju terhadap fasilitas kerja yang dimiliki oleh instansi yang lantas sangat mempengaruhi kinerja pegawai. Secara simultan motivasi dan fasilitas kerja berpengaruh terhadap kinerja pegawai karena semua indikator yang ada pada kinerja pegawai menyatakan setuju hal ini dapat dinyatakan bahwa secara bersama-sama motivasi dan fasilitas kerja mampu mempengaruhi kinerja pegawai.


Keywords


Motivasi, Fasilitas Kerja, Kinerja Pegawai.

References


Budi, A. S., Kusumayudha, M. R., & Riana, D. (2019). Pengaruh Motivasi dan Fasilitas Kerja Terhadap Hasil Kinerja Karyawan. 19(3), 222–230.

Firman, A., Afriyadi, R., & Kurniasih, F. (2013). PENERAPAN MOTIVASI KERJA PEGAWAI.

Hery Irwansyah Sinaga. (2020). Pengaruh Motivasi, Kemampuan Kerja dan Fasilitas Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Medan Petisah. Jurnal Riset Akuntansi Multiparadigma (JRAM), 7(1), 73–84.

Makmun, S., & KHOIRIYAH, M. (2020). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Demokratis, Budaya Organisasi, Motivasi Kerja, Dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Di UPT. Puskesmas Ambulu. Majalah Ilmiah Dian Ilmu, 19(2), 88–107.

Marjaya, I., & Pasaribu, F. (2019). Pengaruh Kepemimpinan , Motivasi , Dan Pelatihan Terhadap Kinerja Pegawai. 2(1), 129–147.

Rifai, A. (2019). Pengaruh Komunikasi Dan Fasilitas Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Pada Kecamatan Sukabumi Kabupaten Sukabumi. 08(01), 1–15.

Wijaksono, E. B. (2022). Pengaruh Fasilitas Kerja Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Perum Jasa Tirta I Wilayah Sub Dja II / I Kediri. 1(3), 89–105.




DOI: https://doi.org/10.37849/mici.v5i2.376

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Izza Afkarina Safitri, Asmuni Asmuni

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View My Stats

 

Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi (STIA) Pembangunan Jember

Jln. Lumba-lumba No. 9 Kelurahan Sempusari, Kecamatan Kaliwates, Kabupaten Jember Kode Pos 68135