Kolaborasi Pemerintah Desa, Badan Permusyawaratan Desa, Dan Masyarakat Dalam Membangun Desa Di Desa Tanjungsari Kecamatan Umbulsari Kabupaten Jember

Ahmad Syafri Rizkiansyah, Rohim ROHIM

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kolaborasi antara Pemerintah Desa, Badan Permusyawaratan Desa, dan Masyarakat dalam membangun desa di Desa Tanjungsari, Kecamatan Umbulsari, Kabupaten Jember. Jenis penelitian ini menggunakan kualitatif, dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun informan dalam penelitian ini adalah Kepala Desa Tanjungsari, Wakil Badan Permusyawaratan Desa Tanjungsari, serta Tokoh Masyarakat. Data yang diperoleh dari hasil penelitian diolah dengan menggunakan teknik analisis data model Miles and Huberman. Uji keabsahan data menggunakan teknik Triangulasi Data. Adapun hasil dari penelitian ini adalah, pada fase perencanaan pembangunan dapat dinyatakan bahwa pihak Pemerintah Desa Tanjungsari selalu berkolaborasi dengan BPD Desa Tanjungsari maupun masyarakat yang diwujudkan dalam acara Musyawarah Desa (MusDes). Sementara itu pada fase pelaksanaan pembangunan, dapat dinyatakan bahwa pihak Pemerintah Desa Tanjungsari melakukan suatu kolaborasi dengan Masyarakat Desa Tanjungsari yang diwujudkan dengan perekrutan masyarakat untuk menjadi pekerja-pekerja proyek pembangunan yang diselenggarakan oleh Pemerintah Desa Tanjungsari. Serta pada  fase pengawasan pembangunan, dapat dinyatakan bahwa pihak Pemerintah Desa Tanjungsari memberikan kebebasan kepada Masyarakat Desa Tanjungsari untuk turut andil dalam pengawasan pembangunan. Disisi lain, pihak BPD Desa Tanjungsari juga menghimbau kepada Masyarakat Desa Tanjungsari untuk berkolaborasi secara bersama-sama dengan pihaknya dalam menjalankan pengawasan terhadap jalannya pelaksanaan pembangunan.


Keywords


Kolaborasi, Pemerintah Desa, Badan Permusyawaratan Desa, Masyarakat, Pembangunan.

References


Buku

Astuti, R. S., el. al., (2020), Collaborative Governance Dalam Perspektif Administrasi Publik, Cetakan I, Semarang; Universitas Diponegoro Press.

Digdoweiseiso, K., (2019), Teori Pembangunan, Cetakan I, Jakarta; Lembaga Penerbitan Universitas Nasional (LPU-UNAS).

Handoyo, E., el. al., (2015), Studi Masyarakat Indonesia, Yogyakarta; Penerbit Ombak.

Hardani, el. al., (2020), Metode Penelitian Kuanlitatif & Kuantitatif, Cetakan I, Yogyakarta; CV. Pustaka Ilmu Group.

Isharyanto, Prasetya Dila, E. J., (2016), Hukum Pemerintahan Desa (Perspektif, Konseptualisasi, dan Konteks Yuridis), Yogyakarta; CV. Absolute Media.

Kurniawan, B., (2015), Desa Mandiri, Desa Membangun, Jakarta; Kementerian Desa, Pembangunan daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Republik Indonesia.

Pratama, P. Y., el. al., (2018), Pemberdayaan dan Pembangunan Desa, Riau; Penerbit Draft Media.

Rauf, R. & Maulidiah, S., (2015), ¬Pemerintahan Desa, Cetakan I, Pekanbaru; Zanafa Publishing.

, (2016), Badan Permusyawaratan Desa, Pekanbaru; Zanafa Publishing.

Rauf, R. (2018), Asas Penyelenggaraan Pemerintah Daerah, Pekanbaru; Zanafa Publishing.

Saleh, C. & Hanafi, I., (2020), Kolaborasi Pemerintahan. Cetakan I, Tangerang Selatan; Universitas Terbuka.

Siyoto, S. & Sodik, M. A., (2015), Dasar Metodologi Penelitian. Cetakan I, Yogyakarta; Literasi Media Publishing.

Sugiyono, (2013), Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Cetakan XIX, Bandung; Alfabeta.

Undang – Undang

Republik Indonesia, (2005), Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 72 Tahun 2005 Tentang Desa, Jakarta; Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia.

Republik Indonesia, (2014), Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 6 Tahun 2014 Tentang Desa, Jakarta; Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia.

Jurnal

Antono, A., Setiahadi, M., Ngalimun, (2020), Kolaborasi Pembangunan desa Berkelanjutan melalui Program Dana Desa di Kecamatan Sokaraja kabupatren Banyumas, Jurnal Ilmu Administrasi Negara, Vol.8 No.2, 102-108.

Ciptaningsih, R., Nurcahayanto, H., (2018), Kolaborasi Stakeholders dalam Pemberdayaan Masyarakat (Studi Kasus Desa Wonoyoso, Kecamatan Pringapus, Kabupaten Semarang), Journal of Public Policy and Management, Vol.8 No.1, 97-112.

Rohim, Asmuni, Muttaqin, M. Z. M. (2021). Multi-sector Collaboration : Success Stories of Tourism Village Development. Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi Publik: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Administrasi Publik, 11(2), 395–409. https://doi.org/https://doi.org/10.26858/jiap.v11i2.26293

Rulinawaty, D. (2023). Kompleksitas dan Dinamika Birokrasi di Indonesia (Kesatu, p. 165). CV. Literakata Karya Indonesia.

Riskasari, Nurbiahtahir, (2018), Kolaborasi Aktor Pembangunan dalam Mewujudkan Desa Mandiri di Desa Bongki Lengkese Kecamatan Sinjai Timur Kabupaten Sinjai, Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi Publik : Jurnal Pemikiran dan Penelitian Adiministrasi Publik, Vol. 8 No. 2, 121-126.

Website

https://www.maxmanroe.com/vid/sosial/pengertian-masyarakat.html (Diakses pada tanggal 26 Juli 2022, pukul 15:27 WIB)




DOI: https://doi.org/10.37849/mici.v5i1.374

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Ahmad Syafri Rizkiansyah, Rohim ROHIM

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View My Stats

 

Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi (STIA) Pembangunan Jember

Jln. Lumba-lumba No. 9 Kelurahan Sempusari, Kecamatan Kaliwates, Kabupaten Jember Kode Pos 68135